Kepincut Bikin Start Up Digital, Miliki Ini Dulu

Pada era gini, start up sungguh menggiurkan. Siapa pun bisa masuk ke dalamnya, tentu saja dengan harus memenuhi syarat. Mau tahu syarat-syaratnya?

Kepincut Bikin Start Up Digital, Miliki Ini Dulu
Ilustrasi bisnis StarUp. (Foto: Tribunnews.com)

Inibaru.id -  Start up digital adalah sebuah tren usaha masa kini yang dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi. Mengingat perkembangan teknologi, khususnya yang berbau digital dan komputerisasi sangatlah pesat dalam beberapa tahun terakhir, mau tidak mau kita harus menguasai beberapa kemampuan jika ingin bersaing.

Baca juga: Ternyata Ini Kendala yang Bikin Pelaku Start-Up di Indonesia Kudu Putar Otak

Baca juga: Waduh! Jumlah Start Up di Indonesia Justru Terus Menurun

Bahasa Pemprograman

Memahami bahasa pemprogaman sangatlah penting untuk membuat program yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, ada baiknya kita memahami bahasa pemprograman Java untuk mengembangkan aplikasi dengan basis Android dan memahami bahasa pemprograman html atau php untuk membuat aplikasi berbasis Web.

Coding

Salah satu bagian dari dunia programming ini jelas sangat penting dalam pengembangan program atau aplikasi tertentu. Mereka yang menguasai Coding akan mampu berperan sebagai developer sistem program yang diinginkan oleh konsumen.

System Analyst

Dengan memiliki kemampuan menganalisis sebuah sistem, kita akan mengetahui bagaimana cara menguji sistem yang kita bangun sebelumnya dengan melakukan coding. Analisis yang tepat dapat membuat kita menemukan bug, semacam celah atau kesalahan pada program yang kita buat sehingga nantinya bisa diperbaiki. Dengan program yang berjalan dengan sempurna tanpa adanya bug, maka konsumen tentu akan puas dengan hasil kinerja tim kita.

System Security

Tak hanya kemampuan menganalisis sistem, kita juga dituntut untuk mampu merencanakan sistem keamanan yang baik bagi program yang dibuat demi memperkecil kerusakan atau risiko terkena serangan yang merugikan penggunanya di kemudian hari.

Forensics System

Kemampuan mengenai forensik sangat penting untuk memonitor program yang kita buat. Dengan adanya kemampuan ini, kita bisa merekam atau membaca apa saja yang berjalan pada program buatan kita sehingga bisa meminimalisasi kemungkinan adanya thread (ancaman) yang sangat mungkin muncul.

Pengembangan

Jika program sudah dilengkapi dengan sistem keamanan dan forensik yang baik, kita membutuhkan kemampuan developing agar bisa mengembangkan program tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Nah, kalau sudah menguasai berbagai kemampuan di atas, tunggu apalagi? Selamat datang ke dunia start up! (AW/SA)