Viral! Uang Logam Rp 500 'Bunga Melati' Dijual Rp 500 Juta, Laku Nggak, ya?

Viral! Uang Logam Rp 500 'Bunga Melati' Dijual Rp 500 Juta, Laku Nggak, ya?
Uang logam Rp 500 'Bunga Melati' dikabarkan dijual hingga Rp 500 juta. (Inibaru.id/ Galih PL)

Uang logam pecahan Rp 500 dijual hingga Rp500 juta. Alasannya, karena terbuat dari emas dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Laku nggak, ya?

Inibaru.id - Siapa sangka, koin yang saat ini biasa dipakai kerokan, kini bernilai hingga ratusan juta? Koin tersebut adalah uang logam Rp 500 "Bunga Melati". Koin berwarna kekuningan ini kini tengah viral lantaran dijual dengan harga mencapai Rp 500 juta per keping.

Isu ini kali pertama viral melalui unggahan @txtdarionlineshop di Twitter. Dalam cuitannya, akun itu membagikan potongan gambar akun toko daring yang menjual koin pecahan Rp 500 seharga Rp 500 juta. Penjual mengklaim pecahan berangka pembuatan 1991 itu dapat menyembuhkan penyakit.

Saya akui ya mahal gan, tetapi demi kesembuhan dan kesembuhan dan kesehatan orang pasti mau. Kesehatan dan kesembuhan memang harganya gan,” kata penjual koin tersebut.

Dari beberapa akun yang berkomentar di cuitan tersebut, ada yang berpendapat mahalnya harga jual koin itu dikarenakan adanya gosip kalau uang logam yang berwarna kekuningan itu terbuat dari emas asli.

Yang 1991 itu dulu mitosnya kebuat dari emas asli, banyak dijadikan cincin,” komentar akun @xiz10c.

Uang Rp500 dijual dengan berbagai harga, dari ribuan hingga ratusan juta. (Tokopedia/catin.colection)
Uang Rp500 dijual dengan berbagai harga, dari ribuan hingga ratusan juta. (Tokopedia/catin.colection)

Saat dicek di sejumlah e-commerce di Indonesia, beberapa toko daring memang menjualnya dengan harga yang fantastis. Di Shopee, misalnya, uang koin Rp 500 ini diijual dengan harga tertinggi mencapai Rp 500 juta per keping. Sementara, di Tokopedia ada yang membanderolnya Rp 100 juta.

Sayang, "koin kerokan" bermahar fantastis itu hingga kini belum ada yang laku terjual. Ya gimana mau laku kalau ada penjual yang melego koin tersebut dengan harga belasan ribu saja per keping? Tentu saja harga yang dianggap lebih masuk akal inilah yang laris di pasaran.

Salah satunya adalah yang dijual akun bernama catin.colection. Dengan mahar nggak lebih dari Rp 15 ribu per keping, koin tersebut sudah terjual sebanyak 169 buah.

Fenomena ini mungkin akan mengingatkanmu pada kasus serupa yang juga sempat viral, yakni penjualan uang logam pecahan Rp 1.000 "Kelapa Sawit". Kala itu, uang pecahan Rp 1.000 juga dijual online dengan harga mencapai Rp 100 juta per kepingnya.

Uang Rp 1.000 'Kelapa Sawit' yang sempat viral dibanderol sangat mahal. (Ist)
Uang Rp 1.000 'Kelapa Sawit' yang sempat viral dibanderol sangat mahal. (Ist)

Hingga kini, kedua pecahan koin itu memang sudah lama nggak kelihatan dalam transaksi jual beli di kalangan masyarakat, meski masih sah sebagai alat pembayaran.

Kamu ada yang punya logam pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 zadul itu, Millens? Mau disimpan atau dijual saja, nih? Ha-ha. (Oke/MG33/E03)