Serupa Aromanya, Bisnis Budidaya Komoditas Asal Meksiko Ini Pun Harum

Serupa Aromanya, Bisnis Budidaya Komoditas Asal Meksiko Ini Pun Harum
Vanili banyak dihasilkan dari Meksiko. (Shutterstock)

Vanili menjadi salah satu bahan yang digunakan saat membuat kue. Selain mengenal fungsinya sebagai pengharum adonan, sudahkah kamu tahu dari mana asal-usul tanaman ini?

Inibaru.id – Sebagai negara beriklim tropis, Meksiko memiliki flora dan fauna yang beragam. Seperti Indonesia, negara ini pun kaya akan rempah-rempah. Salah satu rempah termahal yakni vanili banyak dihasilkan dari sana.

Bicara tentang asalnya, suku Indian-lah yang kali pertama menanam rempah ini. Selain Meksiko, Madagaskar pun menjadi negara produsen vanili terbanyak di dunia. Sayang, adanya kerusakan lahan di negara tersebut bikin rempah ini mengalami penurunan kualitas.

Per kilogram vanili bisa dihargai sekitar Rp 8,4 juta hingga Rp 9,8 juta, lo. Sebagai salah satu produsen, kualitas vanili Indonesia nggak kalah bersaing dengan vanili dari Meksiko dan Madagaskar.

Selain Meksiko, Madagaskar menjadi negara penghasil terbanyak rempah ini. (Ruang Pertanian)

Vanili kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Rempah ini memang memiliki rasa dan aroma yang unik. Dengan menggunakannya sedikit saja, adonan kuemu bakal menebar harum ke seluruh sudut dapurmu.

Selain untuk kue, rempah ini juga jadi campuran dalam es krim. Hm, memang nggak salah nih kalau dijuluki “emas hijau”! Meski kecil, rempah ini penyumbang salah satu pendapatan negara, lo.

Kamu tertarik mengembangkan tanaman ini? Yuk, belajar dulu dan mari hasilkan rempah-rempah kualitas terbaik di bumi pertiwi ini. (IB15/E03)