Teh Yogurt Itu Menguntungkan Banget

Tips bisnis ala Giovan: Produknya gampang dibuat, bahan bakunya mudah didapat, dan keuntungannya berlipat. Hmm, bisnis apa coba?

Teh Yogurt Itu Menguntungkan Banget
Victor Giovan Raihan dan Teh Kempot buatannya. (Bappenas.go.id)
19
View
Komentar

Inibaru.id – Teh siap minum ini bukan bisnis baru di negeri kita. PT Sinar Sosro sudah memulainya sejak 1974. Hingga kini, industri ini masih banyak diminati. Satu orang yang getol menekuni dunia itu adalah Victor Giovan Raihan.

Kamu mungkin harus belajar dari sobat muda kita asal Malang ini, Millens. Giovan namanya, pengusaha teh siap saji bermerek “Teh Kempot”. Dia bilang, bisnisnya cukup prospektif dalam jangka panjang.

Keisengan Giovan yang mencampur teh dengan susu fermentasi (yogurt) menjadi awal bisnisnya. Produk buatannya diminati orang. Wajar, dia memang niat banget bikin produk yang berbeda dan unik. Nggak hanya itu, produknya juga harus mudah dibuat, bahannya mudah didapat, dan keuntungannya berlipat.

Baca juga:
Pempek Krispi Beromzet Puluhan Juta
Dari Gulma Dia Memulai Usaha

Untuk memulai usaha, Giovan meminjam uang orang tuanya sebesar Rp 3 juta. Dari satu outlet, bisnisnya berkembang jadi beberapa. Tahu nggak, tiap bulan, dia bisa mengantongi penghasilan paling sedikit Rp 2 juta per bulan.

Nama “Teh Kempot” terinspirasi dari orang yang minum dengan sedotan sekuat tenaga lantaran kehausan. Orang itu akan menyedot hingga pipinya kempot. Jadilah Teh Kempot.

Hingga kini Giovan sudah punya 10 outlet yang dia kelola sendiri dan 17 outlet mitra. Untuk target 70 gelas teh tiap outlet, dia membutuhkan sekurang-kurangnya 20 kilogram teh kering dan empat kilogram gula per hari.

Baca juga:
Cilacap dalam Selembar Kain Batik
Keramik Klampok Terus Bersolek dan Mematut Diri

Sementara buat memperluas jaringan, Giovan mengaku menerima siapapun yang pengin bermitra dengan dia. Cukup membayar Rp 3,5 juta untuk bermitra dengannya, kamu bisa mendapatkan gerobak plus 100 cup gelas kemasan serta alat untuk memasak.

Dia memilih bermitra dengan orang lain ketimbang mengajukan kredit ke bank. Menurutnya, modal pribadi yang dipinjam dari orang tuanya sudah lebih dari cukup untuk bisnisnya sekarang. (OS/SA)