Uji Rasa Kopi Nusantara, Cara Pegiat Kopi Semarang Rayakan Setahun Kebersamaan

Memeringati setahun kebersamaan, komunitas pegiat dan penyaji kopi di Semarang mengadakan gelaran Fun Cupping di Bild Photospot. Selain uji cita rasa kopi atau cupping, komunitas tersebut juga memamerkan produk dan "gaman" yang mereka pakai untuk menyeduh kopi. Seberapa menarik?

Uji Rasa Kopi Nusantara, Cara Pegiat Kopi Semarang Rayakan Setahun Kebersamaan
Suasana Fun Cupping di Bild Photospot yang diramaikan pegiat kopi Semarang. (Inibaru.id/ Abi Fathe)

Inibaru.id - Bicara tentang kopi tidak hanya menyoal tentang minuman. Kopi juga menjadi media yang mampu menghubungkan orang-orang untuk berinteraksi. Inilah kenapa ada istilah budaya ngopi atau coffee culture.

Nah, bermula dari sekadar ngumpul menyoal kopi inilah Fun Cupping tercipta. Berisikan para pegiat dan pemilik kedai kopi se-Semarang, gelaran bulanan yang telah berlangsung sejak 2018 itu genap berusia setahun pada Minggu, 13 Oktober 2019, lalu.

Peringatan aniversary tersebut dilangsungkan di di Bild Photospot Semarang, mendatangkan para coffee enthusiast. Semua peserta berkumpul dan membicarakan apapun tentang kopi.

Berbagai coffee shop turut menyajikan biji kopi andalan mereka. (Inibaru.id/ Abi Fathe)

Uji Rasa Kopi Nusantara

Perlu kamu tahu, dalam dunia perkopian, cupping adalah semacam uji rasa yang biasanya dilakukan pengusaha kopi untuk mengetahui jenis kopi yang bakal dijual. Nggak hanya dicicip orang-orang yang tahu tentang kopi, orang yang awam pun dipersilakan mencobanya.

Sandi, salah seorang penyelenggara, mengatakan, Fun Cupping kali ini menyuguhkan berbagai biji kopi yang berasal dari Tanah Air atau biasa disebut Kopi Nusantara.

"Uji cita rasa produk kopi dari Nusantara ini kami kemas lebih menyenangkan, tanpa menghilangkan sesi berbagi tentang kopinya," ujar dia.

Selain itu, pada acara yang diikuti berbagai kedai kopi di Kota Lunpia itu mereka juga mengadakan semacam pameran gaman atau alat-alat pengolah kopi, serta pelbagai inovasi di dunia perkopian.

Nggak hanya biji kopi, alat-alat pengolahan kopi juga dipamerkan dan dijual. (Inibaru.id/ Abi Fathe)

Industri Kreatif Lain Juga Turut Serta

Selain tentang kopi, Fun Cupping turut dimeriahkan acara seni dan beberapa stand industri kreatif Semarang, seperti live mural, tatto, live sketch, cuci sepatu, busana distro, dan aksesori.

Yap, selain menyoal kopi, budaya ngopi memang begitu erat dengan pelbagai bidang yang kini cukup digandrungi kaum urban, misalnya seni kontemporer. Kedua hal tersebut seolah saling mendukung dan menjadi budaya yang begitu dekat dengan anak muda.

Berbagai coffee shop turut menyajikan biji kopi andalan mereka. (Inibaru.id/ Abi Fathe)

Dheani Fauziah, salah seorang pengunjung Fun Cupping mengaku cukup senang dengan acara tersebut. Dia juga terlihat sangat mengapresiasi keseriusan seluruh peserta dalam membicarakan kopi.

"Menarik!" serunya, "Kebetulan akhir-akhir ini aku lagi tertarik untuk belajar kopi. Jadi, di sini aku dapet ilmu dan wawasan lebih luas lagi dari para pegiat kopi."
 
Membicarakan Kopi memang selalu menyenangkan. Dengan adanya Fun Cupping, semoga penjual, pengolah, dan penikmat kopi di Semarang terus mendapat ruang untuk bertemu, berinteraksi dan berbagi! Mari ngopi! (Abi Fathe/E03)