Tumbuhkan Minat Wirausaha, Telkom Indonesia Gelar Seminar QRenTalk

Tumbuhkan Minat Wirausaha, Telkom Indonesia Gelar Seminar QRenTalk
Poedjiyanto menjelaskan pentingnya menentukan konsep. (Inibaru.id/Artika Sari)

Untuk menumbuhkan minat berwirausaha masyarakat Semarang, Telkom Indonesia menggelar seminar QrenTalk. Seminar ini mengangkat tema tentang bagaimana memulai bisnis kuliner. Seperti apa, ya?

Inibaru.id - Telkom Indonesia menggelar seminar QRenTalk bertema "Bisnis Kuliner dan Social Media" di lantai 3 Gedung Telkom Indonesia, Semarang, pada Senin (24/9/2018). Seminar yang dimulai pukul 15.00 WIB itu menghadirkan Konsultan Kuliner Poedjiyanto dan Konsultan Pemasaran Digital Youlanda selaku panelis.

Sekitar 50 peserta dari berbagai kalangan menghadiri seminar sore itu. Poedjiyanto mengawali materi dengan memberi tips memulai bisnis kuliner.

Menurut lelaki asal Purwodadi, Grobogan ini, ada lima hal yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner. Lima hal tersebut meliputi menentukan konsep, target pasar, lokasi, keunggulan, hingga mempersiapkan manajemen.

"Survei itu penting. Sebelum memilih lokasi, Anda kunjungi lokasi-lokasi itu pada jam-jam tertentu. Dari sana amati kapan lokasi tersebut ramai dilewati. Nggak perlu selalu strategis, yang penting gampang diakses," katanya.

Poedjiyanto menambahkan, selain survei, siapkan pula promosi-promosi yang menarik pembeli. Promosi-promosi itu, lanjutnya, bertujuan mengikat pembeli supaya loyal.

"Misal, promosi beli dua gratis satu atau bayar setengah harga pada jam-jam tertentu," terang dia.

Setelah memberi materi selama sekitar 45 menit, seminar dilanjutkan dengan pamaparan Youlanda. Dia mengangkat tentang pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.

Menurut Youlanda, membangun citra produk sudah harus dimulai sebelum media sosial dibuat. Ini termasuk mendesain logo yang akan digunakan sebagai foto profil akun bisnis.

"Dengan memasang foto profil logo itu, kita mematenkan sekaligus membuat bisnis tersebut tampak profesional," tuturnya.

Selain itu, Yolanda mengungkapkan, penting pula untuk memilih siapa saja yang sebaiknya diikuti. Menurutnya, dengan mengikuti alogaritma Instagram, kamu bisa menarik pengikut sesuai target pasarmu. Semisal, nih, target pasarmu remaja, pilih remaja yang bisa menjadi pengaruh. Kamu juga bisa memanfaatkan promosi berbayar.

Dengan diadakannya seminar ini, Telkom Indonesia berharap minat berwirausaha masyarakat kian tumbuh. Wah, menarik, nih, buat kamu yang tertarik bisnis kuliner. Sambil belajar, kumpulkan modal juga ya! (Artika Sari/E03)