Tiga Trik Oke Agar Bisnis UKM Lokal Bisa Berskala Nasional

Tiga Trik Oke Agar Bisnis UKM Lokal Bisa Berskala Nasional
UKM dapat dikembangkan hingga skala nasional. (Hipmikindo.or.id)

Punya UKM skala lokal? Tiga trik berikut bakal membantumu menasionalkannya, lo.

Inibaru.id – Kata siapa usaha kecil dan menengah (UKM) hanya bisa eksis pada skala lokal? Sebagai salah satu penggerak perekonomian, UKM bisa dikembangkan agar dikenal hingga berbagai daerah, lo. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pacitan, Eni Setyowati punya tips dan trik agar UKM kamu berkembang hingga skala nasional, seperti ditulis Kompas.com (12/7/2018).

Melakukan Riset

https://support.ibisos.com/base/media/url/I4OdX8yYJFo5voKFDFEKcuMMpyI2zMTX

Riset diperlukan untuk memetakan masalah dan mencari solusi. (ibisos.com)

Para pegiat UKM perlu melakukan riset untuk mengidentifikasi potensi dan kendala. Yap, bisnis UKM kamu bakal lebih menarik jika menjawab permasalahan yang ada di lingkungan kamu. Nggak hanya berorientasi pada uang, kamu juga bisa turut berkontribusi pada sekitar. Seiring dengan riset, kamu juga perlu menentukan produk dan target pasar. Produk apa yang ingin kamu buat? Apakah targetnya anak muda atau kelompok lainnya?

Merancang Pemberdayaan Masyarakat

Lakukan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitarmu. (Krjogja.com)

Untuk menjadi UKM berskala nasional, nggak bisa dijalankan sendirian. Apalagi, jika UKM-mu memproduksi beragam jenis barang. Nah, agar kamu nggak kesulitan, kamu bisa memberdayakan masyarakat di sekitarmu yang belum memiliki pekerjaan. Cobalah untuk merancang konsep pemberdayaan sesuai kondisi lingkunganmu, ya!

Mengimplementasi Ide

Implementasikan ide-idemu. (Openlawlab.com)

Setelah semua persiapan selesai, kamu bisa mengimplementasikan ide-ide yang sudah kamu rancang. Mulailah untuk memproduksi dan memasarkan produk-produk kamu. Perluas peluangmu dengan merambah ke sosial media.

Sambil upaya-upaya tersebut dijalankan, UKM perlu melakukan pengawasan dan terus mencari solusi jika ada permasalahan. Oya, jika usaha sudah semakin besar, UKM bisa meyakinkan pemerintah daerah (Pemda) untuk diberi bantuan dana, lo. Asyik, kan?

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk mengembangkan UKM? (IB08/E05)