Terminal Tamiya, Pusat Mobil Mini 4WD dan Arena Balapan

Terminal Tamiya, Pusat Mobil Mini 4WD dan Arena Balapan
Terminal Tamiya menjaul berbagai mobil mini 4WD berjenis Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Di Kota Semarang terdapat penjual mobil mini khusus Tamiya. Nggak cuma mobil, arena balap juga tersedia. Yang seru, ada lomba Tamiya yang diadakan secara rutin setiap hari Rabu dan Minggu di sini.

Inibaru.id - Buat generasi 90-an, Tamiya merupakan salah satu mobil balap mini bertenaga baterai yang paling mentereng. Nggak semua anak bisa memilikinya. Kamu bakal dicap "keren" kalau mempunyai benda ini.

By the way, kamu sudah tahu belum kalau Tamiya itu sebuah merek? Sebutan aslinya adalah mobil 4WD. Sejauh ini banyak orang sering salah paham. Mungkin untuk saat ini, mobil 4WD eksistensinya sudah meredup. Namun di Kota Semarang kamu bisa dengan mudah menemukannya di sebuah toko bernama Terminal Tamiya.

Di sini berbagai mobil 4WD keluaran Tamiya dijual. Yap, kamu cuma bakal menemukan merek ini. Lokasinya berada di Java Mall lantai 3 sebelum menuju bioskop Cinepolis.

Buyung Marbudi, pemilik Terminal Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Buyung Marbudi, pemilik Terminal Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Buyung Marbudi (42) selaku pemilik Terminal Tamiya mengungkapkan kalau tokonya ini buka sejak 2017. Namun saat itu lokasinya di Hotel Setos Kota Semarang. Baru pada 2018, pindah ke Java Mall.

“Sebetulnya Tamiya itu nggak pernah hilang. Ada tapi populasinya nggak kayak dulu. Ya termasuk toko saya ini,” jelasnya.

 Di terminal Tamiya, dijual berbagai jenis mobil Tamiya dari berbagai jenis hingga spare part-nya. Harganya berkisar Rp 160 sampai Rp 220 ribu.

Spare part Tamiya juga dijual di sini. (Inibaru.id/ Audrian F )<br>
Spare part Tamiya juga dijual di sini. (Inibaru.id/ Audrian F )

“Sebetulnya, harga Tamiya di zaman dulu sama sekarang nggak jauh beda ya. Secara nominal mungkin beda. Kalau dulu harga Rp 24 ribu sampai Rp 30 ribu saja sudah dapat. Tapi kalau secara rupiah sama saja. Sekarang kan nilai kurs dollar dan perekonomian semakin naik. Jadi ya sama saja. Malah kalau dinamo semakin murah. Kalau dulu Rp 50 sampai Rp 60 ribu. Sekarang Rp 55 ribu,” ujar Buyung.

Nggak cuma itu. Temrinal Tamiya juga menerima jasa rakit. Harga menyesuaikan kategorinya. Kalau cuma rakit biasa saja, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 30 ribu. Kalau sampai modif bisa mencapai Rp 8 ribu.

“Selain itu kami sedia merchandise lalu spare part-lah ya terutama,” pungkasnya.

Lintasan balap Terminal Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Lintasan balap Terminal Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Terminal Tamiya nggak cuma menjual dagangan, namun juga menyediakan arena balapan Tamiya. Lokasinya nggak jauh-jauh kok, tepat di depan lapak Terminal Tamiya berada. Kamu bisa menjajal Tamiya kamu di lintasan yang cukup panjang tersebut. Eits, lintasan ini khusus buat mobil Tamiya ya. Selain merk itu nggak diperkenankan. He

“Kami juga selalu menggelar perlombaan yang digelar pada hari Rabu dan Minggu. Setiap lomba ada kategorinya. Silakan kalau mau ikut,” tandas Buyung.

Wah, kamu nerima nggak tantangan ini? Yuk, koleksi lagi buat tanding! (Audrian F/E05)