Tengkorak Silver Kalimantan, Tanaman Hias Mahal yang Makin Dicari

Tengkorak Silver Kalimantan, Tanaman Hias Mahal yang Makin Dicari
Tengkorak Kalimantan yang sedang menjadi primadona. (Cdn Simplesite)

Tanaman dari keluarga keladi ini makin dilirik para pencinta tanaman hias. Coraknya yang unik bikin harganya kian melambung. Yap, tengkorak silver Kalimantan termasuk tanaman hias mahal.

Inibaru.id - Demam tanaman hias mahal belum berakhir. Setelah janda bolong, kini muncul tengkorak silver yang jadi primadona para pencinta tanaman hias. Tanaman dengan nama latin Alocasia cuprea ini memiliki corak daun dengan semburat warna silver.

Corak tamanan jenis keladi ini akan semakin jelas jika terpapar sinar matahari. Nggak heran, permintaan pasar terhadap tanaman asal Kalimantan ini meningkat drastis pada akhir-akhir ini.

Tanaman ini punya ciri daun berkerut dengan warna daun tembaga mengilap, tulang daun ungu, serta pelepah berwarna ungu tua. Alocasia cuprea memiliki daun ovate dan petiolate di bagian tepi serta bertulang daun yang reticulate dan menghasilkan spathae yang tersusun secara soliter.

Tanaman ini punya corak daun yang unik. (Popmama)
Tanaman ini punya corak daun yang unik. (Popmama)

Di dalam negeri, tengkorak silver dihargai mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Nggak hanya permintaan dalam negeri, tanaman ini juga banyak dipesan dari negara lain seperti Thailand.

Tengkorak silver tumbuh baik di hutan tropik di bawah pohon yang teduh seperti di tebing-tebing daerah Kalimantan Utara. Secara geografik tumbuhan ini berasal dari Kalimantan (Borneo-Sabah), tetapi juga ditemukan di wilayah Tropik dan Subtropik Asia, India, Cina hingga Papua.

Untuk perawatannya, tanaman ini hanya memerlukan matahari pagi dengan kelembaban sedang. Tempat dengan ketinggian 400-500 m di atas permukaan laut merupkan habitat yang cocok bagi tanaman ini.

Namun ada sebagian kecil dari tanaman ini tumbuh di atas 1.200 di atas permukaan laut. Agar nggak salah perawatan, media yang sesuai adalah lempung berpasir dalam keadaan lembab. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan maupun dekorasi halaman.

Tanaman satu ini cocok untuk menjadi tanaman dalam ruangan karena dapat menoleransi cahaya yang redup. Jika diletakkan di luar ruangan, jangan biarkan terkena sinar matahari langsung. Diperkirakan permintaan pasar terhadap tanaman ini akan terus meningkat sehingga cocok untuk bisnis.

Kamu tertarik dengan tengkorak Kalimantan ini nggak, Millens? (CNB/IB27E05)