Simak 4 Kemampuan yang Wajib dimiliki Calon Pendiri Startup

Menjadi pebisnis startup tentu punya banyak peluang di era kemajuan teknologi sekarang ini. Yuk, intip apa saja yang harus dikuasai!

Simak 4 Kemampuan yang Wajib dimiliki Calon Pendiri Startup
Salah satu Co-founder perusahaan startup di dunia. (newstube.cactusthemes.com)

Inibaru.id – Ayo siapa yang nggak tergiur memiliki perusahaan besar besar macam Go-Jek atau Tokopedia? Keren, terkenal, dan pasti menguntungkan banyak orang. Eits, dulunya dari startup lo. Bekerja di industri teknologi sekarang ini sudah menjadi semacam lifestyle. Banyak anak muda bermimpi bisa menjalankan bisnis startup di masa depan.

Kamu tertarik juga Millens? Nah, berikut ini, Inibaru akan membahas kemampuan atau skill yang harus kamu miliki jika pengin menggeluti startup. Kiat ini dilansir dari Cermati.com (20/02/2017). Simak yuk!

1. Pandai bekomunikasi dengan orang-orang teknis

Kalau kamu pengin menjalankan startup sebenarnya nggak perlu benar-benar menguasai coding ataupun mengerti solusi dari masalah teknis sepenuhnya. Namun, cukup mengetahui dasar teknis dari bisnis yang akan dijalankan.

Dengan begitu, kamu dapat berkomunikasi dengan jelas dengan development team dalam mengembangkan startup yang diinginkan serta semua hal yang bersifat teknis. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah karena orang teknis dan nonteknis bisa berkomunikasi dengan nyaman.

2. Kemampuan menganalisis

Pebisnis apa pun, baik di bidang startup maupun di bidang lain, perlu memiliki kemampuan ini, Millens. Kemampuan analisis ini mencakup banyak hal.

Seperti kemampuan menganalisis biaya operasional dan langkah-langkah yang bisa diambil ke depannya akan mendorong perusahaan menjadi lebih maju dan mudah berinovasi. Dengan mengeliminasi proses yang tidak perlu dan memakan banyak biaya. Hasilnya tentu akan lebih efektif dan bisa meraup lebih banyak profit.

3. Kemampuan memecahkan kode

Sedikit mengetahui informasi dasar tentang HyperText Markup Language (HTML) bisa memberikan Anda keuntungan dalam memecahkan kode. Perintah dasar pemrograman dalam bahasa HTML akan memudahkan Anda jika terjadi masalah sederhana, seperti edit links dan images. Selain itu, Anda bisa lebih berhemat dengan tidak perlu mengeluarkan biaya programmer.

4. Mau terus belajar

Teknologi ataupun bahasa pemrograman selalu berkembang seiring waktu. Karena itu, seorang founder perusahaan startup dituntut untuk mau terus belajar. Saat sudah menguasai satu bidang tertentu, tidak lantas kemudian lebih banyak berdiam diri.

Gimana Millens? Selain kemampuan-kemampuan di atas, tentu masih ada banyak hal lain yang harus dipersiapkan. Jangan lupa untuk terus belajar dan mencari tahu ya! (IB06/E05)