Si Manis Manggis yang Jadi Penggerak Ekonomi di Kaligesing

Si Manis Manggis yang Jadi Penggerak Ekonomi di Kaligesing
Manggis Kaligesing. (Higaragro)

Selain buah, kulit manggis juga diburu masyarakat. Ini pula yang membuat ekonomi warga Kaligesing, Purworejo, yang mengembangkan tanaman manggis sebagai komoditas, terus membaik hingga kini.

Inibaru.id – Buah kaya manfaat dengan rasa yang asam bercampur manis, itulah manggis. Di Jawa Tengah, pohon yang kulitnya juga bisa dimanfaatkan itu banyak ditemukan di Purworejo, khususnya Kecamatan Kaligesing.

 Nggak sedikit yang menganggap manggis Kaligesing merupakan yang terbaik di Indonesia dengan standar ekspor. Masa panen manggis di sana umumnya berlangsung dari Januari hingga Maret.

Jadi, buat kamu yang pencinta buah segar ini sudah tahu kapan bersiap-siap menikmati pas pada musimnya, kan?

Perlu kamu tahu, dari sekitar 400 jenis manggis yang tumbuh di dunia, 100 jenis di antaranya tumbuh di Indonesia, yang tersebar baik di dataran tinggi maupun rendah. Nggak kurang dari 25 kabupaten di negeri ini menyumbang manggis untuk ekspor, termasuk di dalamnya Purworejo.

Nggak hanya rasanya yang menyegarkan, manggis yang buahnya kenyal dan lembut di mulut ini banyak dicari lantaran pelbagai manfaat yang dihasilkan untuk kesehatan tubuh. Nggak hanya buah, kulit buah manggis pun penuh manfaat.

Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat melebihi beberapa kali lipat kekuatan vitamun C dan E, sehingga buah manggis memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk lebih tahu manfaat manggis, kamu mungkin bisa cari tahu sendiri ya, Millens. Yang pasti, saat kamu berkunjung ke Purworejo, coba tengok kanan kiri ya, barangkali ada pelapak buah yang menjual manggis.

Mampirlah dan belilah untuk oleh-oleh keluarga di rumah, err, dijadikan buah tangan untuk calon mertua juga boleh! Ha-ha. (IB20/E03)