Setiya Aji, Penggagas Kebun Bunga Yang Untung Puluhan Juta

Setiya Aji, Penggagas Kebun Bunga Yang Untung Puluhan Juta
Kebun bunga Setiya Aji. (halallifestyle.id)

Setiya Aji, pria asal Bandungan ini berhasil mengelola kebun bunga di kampungnya hingga memperoleh keuntungan puluhan juta perbulannya. Hm, bagaimana usaha Aji bisa berkembang seperti ini, ya?

Inibaru.id – Pria yang memiliki sapaan akrab Aji ini mengisahkan, kesuksesan bisnisnya bermula dari hobinya menanam bunga di kebun rumahnya. kebun yang berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan tersebut semula beroperasi hanya untuk memenuhi permintaan pasar dari Semarang, Bandung, Madiun, dan Surabaya.

Pada 2016, kebunnya didatangi banyak orang untuk berswafoto dan membeli bunga. Hal ini terjadi lantaran dia mengunggah foto kebun bunganya dan menjadi viral di media sosial, Millens.

Setiya Aji, alumni Universitas Negeri Semarang. (suarr.id)

Melihat potensi yang ada, Aji memutuskan untuk menyewakan kebunnya sebagai lokasi swafoto berlatar belakang bunga-bunga yang telaten ditanamnya.

Karena jumlah pengunjung yang datang semakin banyak, Aji lantas mengajak para petani yang merupakan tetangganya untuk bekerja sama. Mereka tergabung dalam satu kelompok objek wisata. 

Dengan lahan yang lebih luas, usaha Aji mendatangkan rezeki bagi warga sekitar. (youtube.com)

Merger tanah jadi keputusan tepat unruk menampung pengunjung dan membuat mereka berkeliling dengan leluasa dan nyaman. Berkat bantuan masyarakat sekitar untuk menggabungkan tanah, kebun bunga Setiya Aji bertambah luasnya dari setengah hektar mencapai lima hektar. Wah!

Keuntungan perluasan lahan ini nggak hanya dinikmati para pengunjung. Aji mampu memberikan manfaat besar warga sekitar, “Sistemnya menjadi bagi hasil, total ada sekitar 100 petani, dan warga sekitar yang menjadi mitra, sehingga mendapatkan tambahan uang dari usaha ini,” ujar Aji seperti dikutip dari radarsemarang.com (8/3/2018).

Meskipun memiliki gelar sarjana dan pengalaman berkebun, Aji tetap menggali potensi diri. Untuk bertahan di era modern ini, perlu banyak skill dan kreativitas  dalam mengelola bisnis kan? Dia rajin mengikuti pelbagai pelbagai pelatihan seperti kepariwisataan dari Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata serta pelatihan pemandu wisata. Keren kan?

Rencananya, Aji akan menambah varian bunga di kebun biar makin ciamik. Wah, pasti memanjakan kamu-kamu, para pemburu spot swafoto ya? (MG13/E05)