Serba-serbi Jasa Konsultasi Skripsi

Serba-serbi Jasa Konsultasi Skripsi
Jasa konsultasi skripsi menjadi salah satu bisnis yang dapat dilakukan. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Usaha menjebol dinding tebal masa kuliah bernama skripsi kadang nggak bisa dilakukan sendiri. Selain dengan dosen pembimbing, konsultasi dari luar kampus mungkin juga diperlukan. Maka, muncullah jasa konsultasi skripsi, ide "bisnis" yang belakangan marak di kampus-kampus. Gimana seluk-beluknya?

Inibaru.id – Suatu bisnis atau profesi muncul sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk di antaranya jasa konsultasi atau konsultan. Dulu mungkin kita hanya mengenal sejumlah profesi itu, misalnya konsultan pajak, keuangan, atau hukum. Namun, di kalangan mahasiswa, khususnya yang sudah semester akhir, kini ada satu profesi yang cukup menarik, yakni konsultan skripsi!

Perlu kamu tahu, jasa konsultasi skripsi berbeda dengan jasa pembuatan skripsi a.k.a joki skripsi, ya, Millens. Konon, konsultan skripsi memiliki posisi yang "lebih terhormat" ketimbang joki skripsi, karena mereka hanyalah pemberi saran dan teman diskusi, sementara joki membuatkan skripsi para penyewanya.

Bisnis konsultasi skripsi kian marak di kampus-kampus. Serupa dengan konsultasi pada umumnya, seorang konsultan skripsi juga bertukar pikiran dengan customer-nya untuk membahas skripsi, karena itu dia pasti menguasai lebih dar satu bidang keilmuan.

Pangastuti Sasanti, seorang konsultan skripsi asal Pekalongan, mengatakan, dia memberikan konsultasi untuk beberapa bidang ilmu yang dikuasainya.

“Saya terima konsultasi bidang teknik kimia dan teknik nuklir, sesuai background kuliah. Saya juga terima bidang perbankan yang saya kuasai selama bekerja di bidang itu,” ungkapnya kepada Inibaru.id belum lama ini.

Sementara, untuk bidang keilmuan lain, perempuan yang akrab disapa Sasha ini juga bekerja sama dengan konsultan yang memiliki latar lain, di antaranya bidang akuntansi, manajemen, bahasa dan sastra, serta kesehatan masyarakat. Wah, untuk menjangkau bisnis yang lebih luas juga kali, ya! Ha-ha.

Dosen Pembimbing di Luar Kampus

Bagi sebagian besar mahasiswa tingkat akhir, skripsi adalah tembok penghalang terakhir yang begitu keras menuju kelulusan. Tekad kuat, ilmu mumpuni, dan keuletan maksimal, kadang mental saat bertemu dosen pembimbing yang pengin mahasiswanya lulus dengan hasil sempurna.

Kamu yang pernah kuliah mungkin tahu betapa beratnya tugas akhir itu, mulai dari judul skripsi yang nggak diterima dosen, revisi yang nggak ada hentinya, atau pengolahan data yang membingungkan. Bahkan, nggak sedikit mahasiswa yang nggak kunjung lulus lantaran selalu "gagal" menemukan judul skripsi atau mau membahas apa untuk skripsinya.

Nah, di situlah celah para konsultan skripsi. Bisa dikatakan, mereka adalah para "dosen pembimbing" para mahasiswa itu di luar kampus. Jadi, secara hukum, tentu saja "bisnis" ini nggak menyalahi aturan.

Sasha menjelaskan, untuk konsultasi jangka panjang hingga skripsi selesai, seorang konsultan skripsi bisa memperoleh uang sekurangnya Rp 1 juta, bahkan bisa lebih. Namun, dia juga harus siaga untuk memberikan konsultasi pukul berapa pun, termasuk  malam hari.

"Ya, zaman teknologi, 'pertemuan' itu nggak harus bertatap muka, bisa via telepon, email, atau pesan singkat," pungkasnya.

Hm, bisnis yang menggiurkan ya, Millens! Selama ada mahasiswa yang nggak bisa mengatasi kelulusannya sendiri, sepertinya jasa konsultasi skripsi bakal terus ada. Kamu berminat? Selesaikan dulu skripsimu dengan hasil sempurna, baru bisa buka harga berapa jasa konsultasimu! Ha-ha. (Ayu S Iawati/E03)