Sepatu, Barang Fesyen Menarik yang Punya Peluang Bisnis Besar

Sepatu, Barang Fesyen Menarik yang Punya Peluang Bisnis Besar
Sepatu. (Tribunnews.com)

Bisnis sepatu jadi salah satu peluang besar untuk menjadi pengusaha. Simak cerita dua pebisnis sepatu yang akan Inibaru bahas ya!

Inibaru.id – Salah satu bisnis di bidang fesyen yang masih menarik untuk dilakoni hingga hari ini adalah bisnis sepatu. Meski persaingan ketat, namun bisnis ini tetap menjanjikan, lo. Permintaan tinggi akan sepatu membuat bisnis ini layak untuk dijalankan. Apalagi kalau sepatu yang diproduksi punya model yang unik dan nyaman digunakan.

Hal itulah yang dilakukan oleh Yusi Kuriawati. Sejak  delapa tahun lalu, dirinya telah memfokuskan diri sebagai produsen sepatu  dengan merek U-see Shoes. Desain yang unik jadi konsep utama sepatu-sepatu buatannya.

Yusi sedang memperlihatkan produknya. (detik.finance.com)

Bahan-bahan yang digunakan Yusi untuk sepatunya juga sangat unik. Mulai dari bahan imitasi kulit, kain kanvas, hingga kain batik dirancangnya menjadi berbagai koleksi sepatu apik. Selain itu, ada juga sepatu berbahan genuine leather, crocodile leather, dan snake leather yang bikin desain sepatu Yusi semakin ciamik. Harga bervariasi, yakni mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 3,5 juta. Wah!

Kini, dalam sebulan Yusi bisa memproduksi 500 sampai 1000 sepatu lo. Hal ini menandakan bisnisnya sangat berkembang, karena menurut Enterpreneur.bisnis (16/01/16) dulunya Yusi hanya bisa memproduksi dua pasang sepatu setiap bulan.

"Omzetnya paling minimal sekitar Rp400 juta - Rp500 juta. Kalau kondisi sedang ramai seperti Imlek, Lebaran dan Natal penjualannya bisa dua kali lipat," tuturnya.

Margin laba yang dapat diambil dari bisnis ini sekitar 50%-75%. Akan tetapi, menurutnya, potensinya bisa mencapai 200% jika pelaku usaha nggak menyewa tempat penjualan.

Saat ini Yusi memasarkan produknya lewat sistem kerja sama dengan beberapa pelaku usaha. Sepatu buatannya dapat ditemukan di 7 outlet, antara lain Batik Keris di Menteng Jakarta, Batik Keris di Puri Indah Mal, Sogo Kota Kasablanka, Pasaraya Blok M serta gedung Smesco, Jakarta.

Nah, selain Yusi, pebisnis lain yang meramaikan industri sepatu adalah Parayu Indonesia. Tomi Razali, Co-Founder Parayu Indonesia, menceritakan saat ini penjualan sepatunya sudah mencapai 400 pasang sebulan. Wah, banyak banget ya, Millens?

tu dari Parayu Indonesia. (facebook.com)

Harga yang dipatok untuk tiap produk bervariasi mulai dari Rp 200 ribu Rp 350 ribu per pasang. Kendati masih terbilang baru, usaha yang berjalan dua tahun ini sudah mendapat tempat di hati konsumennya lo.

"Ini karena kami mencoba menonjolkan keunikan dari segi bahan baku dan juga desain modelnya. Kami berkomitmen sekali untuk selalu refresh model sekali dalam 3 bulan," tuturnya.

Nah, gimana Millens? Semoga kisah kedua pebisnis sepatu di atas bisa jadi inspirasi kamu untuk memulai bisnis ya! (Verawati Meidiana/E05)