Sepatu Kece Anti-pelecehan Seksual, Tertarik?

Sepatu Kece Anti-pelecehan Seksual, Tertarik?
Sepatu karya HIbar. (tempo.co)

Tindakan preventif terhadap kasus pelecehan seksual bisa didukung oleh sepatu “ajaib” karya mahasiswa ITB berikut ini.

Inibaru.id – Kasus pelecehan seksual yang marak terjadi kerap membuat perempuan merasa was-was ketika bepergian. Perempuan perlu banget melindungi dirinya dari tindak kejahatan ini. Nah, sekarang ada cara mudah untuk menghalau pria yang mau macam-macam yaitu sepatu listrik. Diciptakan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Hibar Syahrul Gafur, sepatu ini akan memberi efek kejut saat mengenai pelaku kejahatan.

Mahasiswa yang akrab disapa Hibar menjelaskan bahwa sepatu tersebut memiliki alat pelindung yang ditanam di dalam sepatu. Pelaku akan merasakan daya 450 volt saat ditendang dengan sepatu khusus ini. Sengatan listrik tersebut diatur agar mengalir sekali dalam setiap tendangan.

“Nggak langsung bikin mati, kaget saja,” tutur Hibar.

Selain itu, sepatu ini bakal aman bagi pengguna, kok. Listrik nggak akan menyetrum pengguna, bahkan ketika sepatu terkena air. Kamu juga bisa mengaktifkan atau mematikan alat kejut dengan tombol kecil yang ada di sepatu.

Oya, perlu kamu tahu kalau sepatu listrik ini sudah dirintis sejak Hibar berada di kelas dua SMP Negeri 1 Bogor. Hibar bahkan sempat menerima penghargaan Bela Negara dari Kementerian Pertahanan dengan usia termuda pada 2014.

Dari Baterai 9 Volt

Yang unik, kekuatan listrik dari sepatu buatan mahasiswa Manajemen Rekayasa Industri di Fakultas Teknologi Industri (FTI) 2017 tersebut didapat dari baterai kecil 9 volt yang dapat diisi ulang. Hibar membenamkan komponen pendukung lain seperti converter atau pengubah arus listrik agar bisa “menyulap” listrik menjadi lebih besar.

Mengutip tempo.co (12/9/2018), arus litrik itu dialirkan ke sepasang kawat tembaga yang dipasang pada ujung sepatu. Kedua ujung kawat tersebut bakal menyatu saat ditendangkan ke oknum kejahatan.

Dengan pelbagai komponen tambahan tersebut, berat sepatu hanya bertambah 100 gram. Hm, cukup ringan, ya? Wajar saja, perangkat-perangkat tersebut bisa dipasang pada beragam sepatu wanita, termasuk sepatu hak tinggi. Wah, keren banget ya, Millens. (IB08/E05)