Oleh-Oleh Khas Cepu yang Berawal dari Usaha Rumahan: Egg Roll Waluh Ngudi Roso

Namanya egg roll waluh, khas Cepu. Rasanya gurih dan manis dengan cita rasa waluh yang "wangi". Salah satu sentra produksinya dapat kamu temukan di Usaha Kecil Menengah (UKM) Ngudi Roso Cepu.

Oleh-Oleh Khas Cepu yang Berawal dari Usaha Rumahan: <em>Egg Roll</em> Waluh Ngudi Roso
Oleh-oleh khas Cepu, egg roll "Ngudi Roso". (Instagram/isnaaliyah)

Inibaru.id – Egg roll waluh belakangan kian dikenal sebagai buah tangan dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berasal dari Kecamatan Cepu, keberadaan kue semprong renyah nan empuk itu nggak lepas dari inovasi Ani Santoso sekitar satu dekade lalu.

Kala itu, PKK Kabupaten Blora mengadakan lomba memasak kue. Ani, yang sebelumnya mengikuti kursus membuat kue yang diadakan PKK Blora, memutuskan membuat Semprong Waluh pada perlombaan itu, dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapat di Blora. Tanpa disangka, dia meraih juara pertama.

Kue kering gulung itu bahkan mendapat Piagam Penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia pada 2010. Berawal dari situ, Ani mulai memberanikan diri mengembangkan usaha. Bahan baku waluh atau labu kuning dia peroleh dari para petani di Blora, yakni dari Cepu dan Randublatung. 

Proses pembuatan egg roll. (Chamilankhasdaerahindonesia.blogspot)

Usaha Ani berkembang. Dengan bantuan para tetangga, usaha itu dia beri nama "Ngudi Roso", dengan produk utama kue semprong a.k.a. egg roll yang berbahan labu kuning. Sentra produksi Egg Roll Ngudi Roso berada di Jalan Giyanti RT 3 RW 1 Kelurahan Ngroto, Kecamatan Cepu.

Proses produksi egg roll waluh dilakukan di UKM Ngudi Roso, mulai dari penimbangan bahan, pencampuran, pemanggangan, pencetakan, penggulungan, penurunan suhu, penyortiran, dan pengemasan. Seluruh proses ini telah disesuaikan dengan standar mutu biskuit.

Selain enak dimakan, egg roll waluh juga dipercaya baik tubuh lantaran diperkaya kandungan vitamin C, vitamin A, dan betakaroten yang baik untuk daya tahan. So, nggak ada salahnya kalau kamu menjadikan penganan ini sebagai salah satu oleh-oleh yang kamu harus bawa saat berkunjung ke Cepu atau daerah lain di Blora.

Cara membuat egg roll masih tradisional. (Picbear.org)

Eits, tapi nggak harus ke Blora kalau pengin mencicipi kue renyah ini. Beberapa toko oleh-oleh di Semarang, Salatiga, Solo, Bojonegoro, bahkan Surabaya juga mulai menjual produk ini kok!

Hm, keren ya! Semoga industri rumahan semacam ini terus berkembang dan memicu masyarakat terus berinovasi, ya! (MG26/E03)