Menengok Kampung Keramik Balong di Blora

Nggak cuma moncer dengan kerajian ukir jati, Blora juga punya kerajinan keramik. Ada kampung keramik di wilayahnya.

Menengok Kampung Keramik Balong di Blora
Berbagai bentuk keramik hasil produksi pengrajin Desa Balong Kecamatan Jepon, Blora.(ag/infoblora.com)

inibaru.id - Nggak hanya moncer akan keberadaan suku Samin di wilayahnya, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, juga terkenal akan kerajinan seni ukir kayu jati. Nggak mengherankan sih Blora punya hutan luas. Namun, tahukah Sobat Millens bahwa Kabupaten Blora juga kampung Keramik?

Berada di Desa Balong, Kecamatan Jepon, pengrajin di desa ini sudah mengembangkan kerajinan keramik dalam beberapa tahun terakhir. Produk kerajinan keramik ini sebenarnya merupakan pengembangan dari produk yang sudah ada, yaitu genteng pres dan batu bata. Yup, Desa Balong sebelumnya memang sudah dikenal sebagai sentra produksi genteng pres dan batu bata.

Berbagai macam keramik sudah dihasilkan dari para perajin keramik di Desa Balong. Banyak ragamnya: vas bunga, patung atau boneka, asbak, kendi, ikan-ikanan, mangkuk, poci atau tempat menjarang teh, dan hiasan-hiasan dinding. Harga yang di patok pun sangat variarif. Mula dari lima ribu hingga ratusan ribu per unit. Harganya bergantung atas jenis, tingkat kerumitan pengerjaan dan besar kecilnya produk.

Baca juga:
Ke Pariaman, Jangan Lupa Cokelat Adam
Teh Yogurt Itu Menguntungkan Banget

Memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan produk-produknya sebelum dibakar, proses produksi pengrajin keramik di Desa Balo relatif masih sangat sederhana. Adapun untuk pemenuhan kebutuhan bahan baku, mereka nggak mengalami kesulitan. Kabupaten Blora memiliki potensi tanah lempung yang besar dengan kualitas sangat baik. Hampir di setiap kecamatan di kabupaten berkapur ini memiliki potensi tanah lempung untuk pembuatan batu bata, genteng atau keramik.

Dilansir dari Antaranews.com (27/9/2017), untuk mengembangkan produk yang dihasilkannya, para pengrajin setempat melakukan studi banding ke sentra produsen keramik di daerah lain. Selain itu mereka juga mengikuti pelatihan-pelatihan. Untuk menunjang kegiatan produksi dan pemasaran, kini juga sudah dibangun Griya Keramik Blora serta Koperasi Serba Usaha "Bawono Aji". Berada di jalan raya pinggir desa, Griya Keramik Blora menjadi ruang pamer produk keramik dari daerah ini.

Baca juga:
Pempek Krispi Beromzet Puluhan Juta
Dari Gulma Dia Memulai Usaha

Dengan kemunculan kampung keramik di Kabupaten Blora, khazanah seni kerajinan keramik Nusantara kini bertambah. Sekarang kalau kamu ingin mencari keramik, nggak ada salahnya melirik hasil karya pengrajin dari Balong itu. Produknya nggak kalah ciamik dari daerah penghasil keramik lain seperti Melikan di Kabupaten Klaten, Klampok di Kabupaten Banjarnegara, Kasongan di Yogyakarta atau Banyu Mulek di Nusa Tenggara Barat. (ALE/SA)