Sebelum Bersanding di Pelaminan, Tentukan Dulu Batik untuk Hari Pernikahan

Sebelum Bersanding di Pelaminan, Tentukan Dulu Batik untuk Hari Pernikahan
Beberapa jenis batik menjadi alternatif busana pengantin Jawa. (Warga Jogja)

Kamu yang berencana menikah dengan adat Jawa sebaiknya berpikir panjang dalam memilih batik sebagai kostum. Selain keindahannya, mengetahui makna batik juga penting supaya pernikahanmu dipenuhi harapan serta doa.

Inibaru.id - Mempersiapkan pernikahan adalah hal yang dinantikan sebagian pasangan. Kegiatan menentukan desain undangan hingga kostum pernikahan menjadi waktu yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Nah, untuk kamu yang pengin nikah dengan adat Jawa, batik tentu jadi pelengkap yang nggak terlewatkan. Daripada pusing mencari referensi, yuk, cari tahu motif-motif batik apa saja yang layak kamu pakai di hari istimewa.

Sida Asih

Batik motif Sida Asih berasal dari Keraton Surakarta. Ciri khas batik ini bisa dilihat dari motif tumbuhan yang memenuhi kain. Tumbuhan menjadi simbol cinta yang bersemi dalam jiwa sepasang pengantin. Cinta ini diharapkan bisa terus tumbuh sepanjang hayat. O ya, batik sido asih biasanya digunakan pengantin putri ya, Millens.

Sida Mukti

Batik Sida Mukti adalah batik kedua yang bisa kamu pilih. Seperti batik sida asih, batik ini menyimpan harapan untuk kehidupan sang mempelai. Dengan mengenakan batik ini, pengantin diharapkan bisa menjadi keluarga yang makmur dan sejahtera. Bunga, gunung, dan kupu-kupu biasanya menjadi ornamen-ornamen penghias batik ini.

Sida Luhur

Sebagian orang Jawa percaya bahwa Batik Sida Luhur menjadi doa bagi sepasang kekasih yang menikah agar menjadi keluarga dengan derajat yang tinggi. Derajat tinggi ini tentu saja perlu diimbangi dengan kerja keras. Dengan mengenakan batik sida luhur, pengantin diharapkan juga menjadi pasangan yang tahan banting menempuh setiap cobaan dalam pernikahan.

Wahyu Temurun

Seperti batik sida asih, Wahyu Temurun menjadikan tumbuhan seperti bunga dan daun sebagai coraknya. Selain, tumbuhan, burung juga menjadi corak batik ini. Pengantin yang mengenakan batik wahyu temurun diharapkan selalu dipenuhi keberkahan dan kebahagiaan.

Kira-kira, motif mana yang paling kamu sukai? Dalam pernikahan adat Jawa, pengantin biasanya bisa berganti kostum sebanyak dua hingga tiga kali. Kalo kamu suka beberapa motif tersebut, nggak ada salahnya nyoba semua, lo. Selamat mempersiapkan hari baru. (IB15/E03)