Roti Bekatul, Bisnis Kuliner dari Ari Padi yang Menguntungkan

Roti Bekatul, Bisnis Kuliner dari Ari Padi yang  Menguntungkan
Roti bekatul. (Kompas.com)

Siapa sangka pakan ternak dari bahan ari padi ini bisa jadi lahan bisnis yang menguntungkan saat diolah jadi makanan manusia. Seperti apa ceritanya?

Inibaru.id - Orang Indonesia tentu akrab dengan bekatul. Yap, ternyata lapisan kulit ari yang dihasilkan dalam proses penggilingan padi yang kedua tersebut nggak hanya bisa dijadikan sebagai pakan ternak, lo. Namun, bejuga bergizi dan baik untuk dikonsumsi manusia.

Menyadari hal tersebut, Ismiyati, seorang perempuan dari Semarang, banting setir dari pekerjaannya dan memilih bisnis roti dan kue dari bahan bekatul.

Roti bekatul. (Tribunnews.com)

Pemilik Super Roti dan Pelatihan Baking Rumah Bekatul di Jalan Batur Sari IV Nomor 875 itu mengisahkan, awanya dia sempat mengalami banyak kendala. Manajemen dan pemasaran adalah dua di antaranya.

Hingga akhirnya dia mendapat pelatihan dari tim Dinas Koperasi dan UKM Jateng soal pemasaran, kemasan, dan lain sebagainya.

Ditulis Tribunnews.com (31/8/2018), berbagai penghargaan telah diraih oleh Ismiyati berkat roti bekatul dan bagelen bekatulnya. Bahkan, pemesanan sudah sampai ke mancanegara yaitu ke negeri Paman Sam. Wah!

Menurut Kasubag Umum Kepegawaian Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Dwi Susilo, Super Roti berbeda dengan toko roti yang lain. Super Roti jadi alternatif bakery yang berbahan baku muatan lokal berupa bekatul, beras merah, dan lain sebagainya.

Bekatul. (TheSpruce.com)

Nah, kalau kamu pengin coba, roti dari bahan bekatul yang bermanfaat untuk kesehatan itu kini sudah tersedia di swalayan-swalayan ternama. Varian kue dan roti berbahan bekatul yang bisa kamu nikmati antara lain roti manis, roti tawar, bagelen bekatul, kek bekatul, dan pastry bekatul.

Wah, inovatif sekali ya Ismiyati. Tertarik? Ismiyati juga mengadakan kelas bakery, lo! (IB06/E05)