BerandaPasar Kreatif
Sabtu, 19 Nov 2022 12:37

Review Software Akuntansi Online Terbaik untuk Pelaku UKM

Review Software
Akuntansi Online Terbaik untuk Pelaku UKM

Software akuntansi menjadi aplikasi yang sangat membantu aktivitas keuangan kita, bahkan meski kita belum pernah belajar akuntansi sebelumnya. (Pixabay/Firmbee)

Software akuntansi mulai banyak dipakai orang, termasuk oleh mereka yang awam dengan akuntansi sekalipun. Berikut ini adalah review software akuntansi online terbaik untuk kamu para pelaku UKM.

Inibaru.id - Ada banyak software akuntansi yang berkembang di Indonesia. Software ini tidak hanya bisa digunakan oleh orang yang mengerti tentang akuntansi, tetapi bisa juga digunakan oleh orang yang masih awam sekalipun.

Pada artikel berikut kami akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai software akuntansi dan juga beberapa software akuntansi online yang banyak digunakan oleh UKM di Indonesia.

Spesifikasi Software Akuntansi

Aplikasi komputer atau lebih populer dengan sebutan perangkat lunak (software) mempunyai berbagai macam jenis.

Ada yang digunakan untuk mengedit foto, membuat video, desain dan juga sebagai software untuk keperluan akuntansi. Software akuntansi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat aktivitas keluar masuk keuangan dalam perusahaan.

Prinsip kerja software di bidang akuntansi adalah mengubah rangkaian aktivitas keuangan perusahaan diubah menjadi modul modul yang spesifik sehingga hasil akhir sesuai dengan standar laporan keuangan.

Contoh variabel yang digunakan seperti penjualan (account receivable), pembelian (account payable), penggajian, buku besar dan lainnya.

Perusahaan skala besar biasanya menggunakan software akuntansi yang dikembangkan sendiri. Tetapi tidak jarang juga perusahaan menengah dan UKM menggunakan pihak ketiga yang menawarkan jasa laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi mandiri.

Biasanya, kebutuhan fitur software antar perusahaan selalu berbeda-beda sesuai dengan bidang usaha yang dijalankannya.

Tetapi dari keberagaman tersebut software di bidang akuntansi selalu menyediakan berbagai fitur standar seperti:

  • Multi User;
  • Multi Company;
  • Multi Language;
  • Database;
  • Multi Cabang;
  • Multi Currency;
  • Multi Delivery Point;
  • Import dan Export Data Excel;
  • Modul AR, AP, GL, Stock, Payroll;
  • dan lain-lain.

Kegunaan dan Manfaat Software Akuntansi

Software akuntansi sangat berguna untuk perusahaan, dengan ini kamu akan lebih mudah dalam membuat laporan neraca perusahaan. Setiap perusahaan pasti membutuhkan laporan laba rugi, jurnal, buku besar, serta laporan laporan lain.

Bila semua laporan di atas dibuat secara manual, tentu saja membutuhkan banyak waktu. Padahal laporan keuangan selalu update setiap jam atau bahkan menit.

Untuk itulah dibuat software akuntansi dengan berbagai kelebihan dan manfaatnya, berikut ini kelebihannya:

  • Memudahkan proses pembuatan laporan keuangan dalam waktu singkat;
  • Laporan keuangan bisa langsung dilihat setelah kamu input data ke dalam sistem;
  • Meminimalisasi kesalahan perhitungan dan pencatatan, karena perhitungan dilakukan secara otomatis menggunakan sistem;
  • Sistem terintegrasi dengan laporan divisi akunting, penjualan, pembelian, gudang, bahkan bisa dilihat secara online dari luar kantor atau lain cabang;
  • Hanya satu kali kerja, tidak perlu membuat salinan laporan finansial untuk divisi lain, karena software saling terintegrasi dengan divisi lain;
  • Hemat waktu dan biaya, kamu bisa memonitor secara langsung laporan finansial perusahaan sesuai dengan kewenangan yang telah diberikan oleh perusahaan.

Jenis Software Akuntansi

Software akuntansi memiliki beberapa jenis, berdasarkan cara pembuatannya software ini dibagi menjadi 3 jenis, yakni software paket, software customize dan software paket yang bisa dibuat customize.

1. Software Akuntansi Paket

Software akuntansi jenis ini merupakan software yang dijual dengan paket tertentu. Artinya software ini sudah tidak bisa lagi di otak-atik lagi, fitur dan fungsinya sudah diatur sesuai dengan standar pembuatnya.

Kelebihan:

  • Harga cukup terjangkau untuk kalangan UKM;
  • Software mudah digunakan;
  • Software relatif stabil karena dimantain dan dikembangkan oleh developernya.

Kekurangan:

  • Software banyak digunakan oleh umum;
  • Fitur yang disediakan terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Software Akuntansi Customize

Dari nama software ini saja tentu kamu sudah bisa menebak, bukan? Yups, software ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Modifikasi bisa dilakukan pada saat proses pemesanan dan kemudian bisa dikembangkan sendiri oleh pengguna.

Pengembangan bisa dilakukan dengan meminta bantuan pihak developer atau bisa juga dikembangan secara mandiri oleh pengguna.

Kelebihan:

  • Fitur bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan pengguna;
  • Penggunaan lebih mudah karena bisa menghilangkan fitur standar yang tidak digunakan;
  • Bisa request fitur khusus yang dibutuhkan oleh pengguna.

Kekurangan:

  • Harga software lebih mahal dibandingkan software akuntansi biasa;
  • Karena dikembangkan sendiri resiko terjadi error lebih besar;
  • Dukungan purna jual yang kadang kurang maksimal.

3. Software Akuntansi Paket Custom

Jenis software yang terakhir adalah software dengan fitur standar yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas pengguna. Pengguna bisa menambahkan atau mengurangi fitur yang ada pada software standar.

Kelebihan:

  • Harga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan software customize;
  • Stabilitas software lebih terjaga karena modul utamanya masih menggunakan software versi standar.

Kekurangan:

  • Pengerjaan software relatif lebih lama karena adanya kustomisasi;
  • Dukungan layanan purna jual biasanya kurang maksimal;
  • Custom software membutuhkan biaya tambahan.

Ada banyak sekali jenis software akuntansi online yang beredar di Indonesia. Dari sekian banyak tersebut tentu ada beberapa software yang banyak digunakan oleh para UKM. Alasannya tentu saja karena software tersebut mudah untuk digunakan serta dukungan dari pembuat software.

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Berikut adalah beberapa daftar software akuntansi online yang banyak digunakan oleh para pengusaha di Indonesia:

1. Mekari Jurnal

Rekomendasi pertama software akuntansi terbaik adalah Mekari Jurnal. Mekari Jurnal hadir dengan layanan akuntansi yang bisa diakses dimanapun dengan koneksi internet.

Kelebihan aplikasi ini, kamu tidak perlu download ataupun install software apapun. Semua aktivitas input laporan dan pemeriksaan bisa dilakukan secara real-time.

Biaya berlangganan mulai dari Rp149,000 per bulan tanpa ada biaya tersembunyi lainnya dan kamu bisa mendapatkan 14 hari GRATIS bagi semua pengguna baru yang mendaftar di Mekari Jurnal.

2. Software Akuntansi Online Zahir Accounting

Salah satu jenis software yang direkomendasikan adalah Zahir Accounting. Selama 20 tahun sejak tahun 1996 software ini mengembangkan peranti lunak akuntansi terbaik.

Dengan berbekal keyakinan, inovasi berkesinambungan, dan dukungan tim inovator cerdas, Zahir Online menjadi software akuntansi online antar cabang terbaik buatan dalam negeri bertaraf internasional.

Zahir Accounting memiliki beberapa paket custom yang ditawarkan kepada pengguna yakni paket Small Business yang cocok untuk UKM, Flexy Trade untuk distributor, Personal/Standard untuk usaha nirlaba dan jasa seperti yayasan, organisasi, rumah sakit, kontraktor, atau yang berhubungan dengan proyek dan jasa.

Sedangkan untuk skala besar dan kompleks seperti manufaktur mereka punya paket enterprise. Software ini menyediakan modul standar/spesifik, inventory yang sangat lengkap, bisa di custom, dan sangat mudah digunakan pada platform Windows.

Bahkan saat ini Zahir telah menyediakan layanan software di bidang akuntansi yang bisa diakses secara online, sehingga Anda tidak perlu menginstall software lagi.

Untuk keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena Zahir Online telah melakukan pengamanan dengan bekerja sama dengan layanan Amazon Web Service untuk keamanan web.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 2 juta-25 juta untuk versi software. Sedangkan untuk versi online Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 500 ribu hingga Rp 900 ribu per bulan.

3. Easy Accounting System (EAS)

Easy Accounting System merupakan salah satu penyedia jasa software akuntansi yang dibangun sejak tahun 2009. EAS adalah software akuntansi keuangan dan point of sale (POS) sekaligus software semi-ERP systems yang bisa digunakan untuk berbagai operasi bisnis seperti Distribusi, Jasa, Retail, Konstruksi, Developer, Rumah sakit, Pendidikan, Export Import dan lain sebagainya.

Easy Accounting System (EAS) sendiri dibuat memakai engine firebird yang terbukti handal dan stabil pada semua sistem operasi Windows.

Dengan fitur unggulan Import Transaksi (jurnal voucher, invoice, COA, dan daftar barang) serta e-faktur ready , menjadikan EAS pendatang baru yang inovatif terutama di sektor industri menengah. Meskipun begitu EAS hanya bisa berjalan di dalam sistem operasi Windows dan belum didukung oleh aplikasi web based.

Untuk bisa menggunakan software akuntansi ini Anda harus membayar Rp 7 juta dan dan versi platinum Rp 15 juta, dan versi manufaktur sebesar Rp 30 juta rupiah (belum termasuk training). EAS juga menyediakan layanan purnajual yang cukup baik bagi customer-nya.

4. MYOB Accounting

MYOB (Mind Your Own Business) adalah software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yakni proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara memasukan data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre.

Kemudian program MYOB akan memproses data secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan yang telah tersusun rapi.

MYOB Accounting bisa digunakan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang dagang (retail), jasa maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.

Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia.

5. Abipro Accounting

Software Abipro menyediakan fitur yang lumayan lengkap meliputi modul pembelian, penjualan, buku besar, persediaan, kas/bank dan aktiva tetap.

Software ini juga menyediakan manajemen cek, multi currency, multi project, konsolidasi, multi departemen dan multi level harga dalam paket software tersebut.

Untuk bisa menggunakan Software Abipro Anda harus membayar dengan harga, untuk unlimited user sekitar Rp 24 sampai dengan Rp 39 juta. Sedangkan untuk user terbatas hanya dibandrol dengan harga Rp 8 juta.

6. Fina Accounting

Pernahkah Anda mendengar software Fina? Ya, software ini digadang-gadang sebagai salah satu software perusahaan terbaik. Pasalnya, fitur yang disematkan sangat lengkap. Saat ini software Fina sudah digunakan lebih dari 800 perusahaan.

Bahkan Anda akan diberikan garansi 90 hari uang kembali bila tidak puas dengan kinerja softwarenya. Selain itu yang spesial dari software ini adalah adanya pelatihan pengoperasian software sampai bisa.

Software Fina dibandrol dengan harga software jenis CC adalah Rp 20 juta, AW Rp 30 juta, dan Distro Rp 60 juta. Untuk penambahan user dikenakan biaya Rp 3,3 juta. Software ini hanya cocok dipasang pada komputer dengan OS Windows.

7. Omega Accounting

Omega Accounting merupakan sebuah software dalam bidang akuntansi yang menggunakan teknologi terdepan, dan bisa sepenuhnya diakses secara online-realtime melalui PC, laptop, POS computer, mobile POS, hingga tablet PC.

Software akuntansi ini dirancang dan dikembangkan, lebih dari sekedar untuk membuat dan melihat laporan keuangan secara cepat dan mudah, melainkan juga demi tercapainya kebebasan waktu, pengawasan dan kendali secara penuh dalam mengembangkan usaha.

Software yang berasal dari Surabaya ini dibandrol senilai Rp 1,699 juta. Kemudian, ada tambahan biaya untuk penambahan user stok senilai Rp 1,699 juta per user dan user accounting Rp 2,999 juta per user.

Itu tadi 7 rekomendasi software akuntansi terbaik. Yuk, tinggalkan proses akuntansi tradisional yang menjemukan! Saatnya ciptakan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan dengan cara yang canggih melalui software akuntansi! (Ads/E03)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved