Proses Cuci Helm Hingga Kinclong ala Delivery Clean Helmet (DCH) Semarang

Jasa mencuci helm di Semarang memang sudah menjamur tapi, di Delivery Clean Helmet berani menjamin pelayanan memuaskan. Nggak cuma bikin helm jadi wangi dan bersih, di sini helmmu bakal menjelma seperti baru. Tanpa baret dan lecet.

Proses Cuci Helm Hingga Kinclong ala Delivery Clean Helmet (DCH) Semarang
Jasa cuci helm DCH melayani hingga proses full detailing. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Inibaru.id – Kapan nih terakhir kali kamu mencuci helm kesayanganmu? Kalau kamu pengin helmmu diperlakukan istimewa, bawa saja ke DHC (Delivery Clean Helmet). Di sini, helm nggak asal dicuci. Ada pelbagai proses yang harus dilakukan agar helm kotor bisa kinclong.

Pertama, inspeksi. Tingkat kekotoran helm harus dicek untuk menentukan penanganan tepat untuk membersihkannya. Barulah spare part helm dicopot agar mudah dibersihkan. Ventilasi dan busa helm ternyata bagian yang paling "ngeri" debunya.

“Setelah itu kita bersihkan pakai cairan khusus dari DCH, kita punya cairannya. Kita bersihkan dulu shell-nya (batok helm), setelah dibersihkan shell mulai naik ke tahap polish, kalau orang sering denger itu poles. Misalnya kayak salon mobil, menghilangkan lecet, baret, terus sama oksidasi. Misal helm awalnya kusam, ini nanti jadi kinclong,” jelas Jeremy Rivan, bos DHC, Minggu (30/9).

Jeremy Rivan menunjukkan chemical untuk membersihkan luaran helm. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Saat batok helm (shell) dibersihkan dengan senyawa khusus, cat asli helm bakalan terlihat. Namun lantaran masih ada sisa minyak-minyak, helm perlu dibersihkan dengan polish biar halus. Sudah? Belum! Biar makin halus, masih harus dipoles dengan fine cut. Fungsi senyawa berdaya kikis rendah ini sebagai pernis untuk memberi efek kinclong yang nyaris paripurna.

Nah, biar helmmu tahan lama perlu dilakukan pelapisan seperti wax, sealant, dan semi coating. Tipe-tipe pelapisan ini memiliki ketahanan yang nggak sama. Kalau mau helm terlihat seperti baru selama 8-9 bulan, pilih coating. Hasilnya benar-benar berkilau seperti kristal. Tentunya kamu harus siap membayar dengan harga yang lumayan ya.

Lalu bagaimana untuk bagian dalam helm? Ternyata di DCH nggak menggunakan pemanas karena akan merusak. Busa akan dicuci dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh.

“Karena takutnya bisa meleleh atau lemnya bisa keluar,” kata pemuda yang memulai bisnisnya sejak SMA ini.

O ya, lama pengerjaan satu helm lebih kurang sehari. Harga cuci tergantung layanan. Untuk standar cuci luar dan dalam Rp 15 ribu, cuci dan poles Rp 25 ribu, cuci dan full detaling Rp 40-75 ribu, dan cuci sekaligus coating Rp 55-100 ribu. Kini, dalam sebulan omzet DCH bisa mencapai Rp3,5 juta.

DCH menangani pelbagai jenis helm dari yang biasa sampai premium sekelas rider Moto GP. Untuk helm premium jelas treatment-nya harus lebih khusus. “Helm termahal yang pernah ditangai itu Shoei X Spirit. Itu harganya kalau baru bisa sampai 14-15 juta,” jelas Jeremy.

Berminat mencucikan helm ke DCH? Datang saja ke Jalan Sri Rejeki III nomor 1, Kalibanteng Kidul, Semarang. Yuk lah, bersih-bersih helm, Millens! (Isma Swastinngrum/E05)