Ellbent, Si Limbah yang Tanggulangi Limbah

Ellbent, Si Limbah yang Tanggulangi Limbah
Ellbent. (balieksbis.com)

Siapa bilang limbah cangkang telur nggak berguna? Buktinya, sekelompok mahasiswa UGM berhasil menciptakan penyerap limbah logam berat menggunakan cangkang telur.

Inibaru.id - Apa yang akan Sobat Millens lakukan dengan cangkang telur? Kemungkinan besar pasti akan langsung dibuang ke tempat sampah. Betul nggak? Berbeda halnya dengan sekelompok mahasiswa UGM, Yogyakarta. 

Mereka menggunakan cangkang telur untuk menciptakan produk yang bisa menyerap limbah logam berat. Kreatif!  Mereka adalah Muhamad Khairi Mahfudz (Fakultas Peternakan 2017), Frida Prasetyo Utami (Fakultas Biologi 2017), dan Sigit Fitriyanto (Fakultas MIPA 2015) yang mejadi penggagas produk inovatif tersebut.

Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Nurliyani, M. S., ketiganya mengolah limbah cangkang telur ayam yang belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Olahan limbah ini diberi nama Eggshell Absorbent atau Ellbent. Wah, bagaimana ya prosesnya?


Cangkang telur ayam. (kabartani.com)

Proses 

Mengutip ugm.ac.id (16/7/2018), pembuatan produk tersebut dilakukan dengan mengolah cangkang telur dalam sejumlah proses, seperti dihaluskan, dioven, dan diaktivasi. Selanjutnya, bubuk cangkang telur ayam dikemas dalam kantung teh agar lebih praktis.

Menggunakan produk hasil dari cangkang telur tersebut, penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil positif. Dengan tekstur pori dan kandungan kalsium karbonat, bubuk cangkang telur ayam dapat menyerap dan mengikat logam berat seperti kadmium. Bahkan tingkat efektivitas produk ini mencapai 90.25 persen.

Ide ini berawal dari keprihatinan Mahfudz dkk akan pencemaran limbah logam berat dari industri batik di sana. Pasalnya, dalam produksi pembuatan batik mayoritas produsen menggunakan pewarna sintesis yang mengandung kadmium. Meski kadarnya kecil namun tetap berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan, Millens.

Para pelaku industri batik juga nggak berbuat banyak karena untuk mengolah limbah dibutuhkan biaya yang nggak sedikit.

Eggshell Adssorbent atau Ellbent dalam kemasan. (ugm.ac.id)

Nah, Ellbent ini jelas lebih terjangkau dibanding bahan pengolah limbah lainnya. Inovasi ini mendapat perhatian Dikti berupa pengucuran dana hibah melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta 2018.

Wah, semoga bisa diaplikasikan dalam skala yang lebih besar ya. (IB05/E05)