Plangtown.co yang Terus Mencoba Angkat Brand Fesyen Lokal Semarang

Nggak kalah dengan brand fesyen internasional, Semarang juga punya brand fesyen lokal yang nggak kalah keren. Namanya Plangtown.co.

Plangtown.co yang Terus Mencoba Angkat Brand Fesyen Lokal Semarang
Plangtown.co (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Inibaru.id – Kalau kamu berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah, sempatkan berbelanja baju bergaya street wear ala Plangtown.co. Yap, brand fesyen lokal asal Kota Lunpia itu memang tengah digandrungi kawula muda. Desain yang sederhana tapi kekinian menjadi daya tarik clothing line satu ini.

Plangtown.co membuktikan bahwa anak muda Kota Semarang nggak kalah kreatif dari Kota Bandung yang dikenal sebagai “surga distro”. Produk buatan mereka terhitung sangat lengkap dan beragam, Millens. Bermacam kebutuhan fesyen anak muda, baik cowok maupun cewek, tersedia di sini, mulai baju, celana, topi, sepatu, hingga kaus kaki. Wah!

Pemilik Plangtown.co, Johanes Bagus, mengatakan, usaha tersebut berawal dari hobinya dalam bermain skateboard. Semula, dia menjual baju berupa kaus untuk para pemain skateboard yang nggak lain adalah teman-temannya.

Pemilik dan karyawan Plangtown.co (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Johanes yang kebetulan menekuni bidang desain grafis mencoba membuat kaus tim pemain skateboard yang ada di Semarang. Inilah yang membuat baju-baju yang dijual Plangtown.co pada mulanya berdesain skateboard.

Seiring berjalannya waktu, Johanes terus dipercaya untuk membuat kaus para pemain skateboard. Permintaan pun semakin meningkat. Hampir semua pemain skateboard Semarang menggunakan kausnya. Akhirnya, dia memutuskan untuk membuat sebuah brand bernama Plangtown.co dan mulai memasarkan ke luar Kota Semarang.

“Agar Plangtown.co semakin berkembang, pada 2013 saya buka toko di daerah Ketileng, Semarang. Tapi tahun itu juga saya kena musibah. Toko saya terbakar dan saya mengalami kerugian cukup banyak,” jelas pria berkacamata itu.

Namun, ibarat istilah blessing in disguise, musibah itu justru membuat brand-nya kian terkenal. Plangtown.co semakin dikenal dan digandrungi kalangan pemain skateboard Jawa Tengah. Johanes pun kembali memulai bisnisnya dengan menjual baju melalui media sosial.

Salah satu sudut toko Plangtown.co di Jalan Gombel Lama Nomor 76, Semarang. (Inibaru.id/Verawati Meidiana)

Awal 2014, Johanes kembali membuka toko Plangtown.co di Jalan Wonodri Krajan III No 41 Semarang. Lalu, pada awal 2018, mereka menambah outlet kedua mereka di Jalan Gombel Lama No 76 Semarang. Selain toko fisik, Johanes juga berjualan via daring lewat laman Plangtownstore.com.

Agar lebih berkembang, Johanes menuturkan, Plangtown.co juga bekerja sama dengan beberapa brand fesyen lokal Semarang lain. Jadi, disambing menjual produk milik mereka, outlet-outlet Plangtown.co juga memajang barang dagangan yang berasal dari brand lokal lain.

“Sesama pejuang brand lokal harus saling mendukung. Saya cuma ngasih wadah saja buat temen-temen yang belum punya toko sendiri,” pungkasnya.

Ah, mulia sekali! Jadi, dukunglah produk lokal Semarang dengan mampir ke tempat ini, Millens. Happy shopping! (Verawati Meidiana/E03)