Peran Penting Toko Grafiti di Suatu Kota
Toko grafiti Drips and Drops. (Inibaru.id/ Audrian F)

Peran Penting Toko Grafiti di Suatu Kota

Toko grafiti memiliki peran penting di suatu kota. Selain dari segi produktifitas, toko grafiti bisa juga jadi gerbang masuk sponsor.

Inibaru.id - Dalam menggambar grafiti ternyata diperlukan sejumlah alat yang nggak bisa dibeli di toko-toko umum. Mungkin bisa saja membeli kaleng semprotnya di toko bangunan, namun kaleng tersebut belum sesuai kebutuhan.

Itulah kenapa perlu adanya toko khusus grafiti yang menjual berbagai kebutuhan untuk menunjang kegiatan menggambar seni tulisan yang medianya adalah tembok tersebut. Di Kota Semarang, terdapat dua toko grafiti, yakni “Drips and Drops” dan “Reload Graffiti Supply”.

Toko grafiti Drips and Drops lebih banyak menjual merchandise. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Toko grafiti Drips and Drops lebih banyak menjual merchandise. (Inibaru.id/ Audrian F)

Neyra Ardhi Affandi, pemilik Reload Graffti Supply saat ditemui di tokonya pada Kamis (6/3) membeberkan kalau kedua toko tersebut saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan para penggiat grafiti di Kota Semarang.

“Kalau Drips and Drops itu, mereka lebih menjual merchandise. Mungkin ada juga kaleng cat semprot dan tools-nya. Namun kalau mau lebih komplit ya di toko saya ini. Kalau di sini memang khusus menjual tools,” ujar Neyra.

Selain itu, toko grafiti nggak sekadar tempat jualan saja. Namun juga sebagai lokasi kumpul writer grafiti di Kota Semarang. Kalau masalah ini, Drips and Drops jadi favorit berkumpul karena lokasinya berada di tengah kota, yakni di Jalan Wonodri Krajan, Kota Semarang.

“Sebaliknya, teman-teman dari luar kota kayak Kendal, Ungaran, Salatiga, Demak kalau distribusi kaleng ya datangnya ke sini karena lokasinya dekat dengan daerah mereka,” tambah Neyra. Kalau Reload lokasinya berada di Jalan Dewi Sartika, Gunungpati, Kota Semarang.

Toko grafiti Reload Graffiti Supply. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Toko grafiti Reload Graffiti Supply. (Inibaru.id/ Audrian F)

Neyra juga mengenang, sebelum adanya toko grafiti, writer cenderung kesulitan dalam mencari perlengkapan. Harganya bisa dibilang lebih mahal karena harus pesan dari luar kota atau menggunakan cat dari toko bangunan yang warnanya belum variatif.

Setiap kaleng cat semprot memiliki karakteristik warna dan kualitas yang berbeda. Harga tentu saja yang menyekat perbedaan-perbedaan tersebut. Semakin mahal kaleng, semakin bagus juga kualitasnya.

Kaleng cat semprot grafiti dari berbagai merk dan harga. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Kaleng cat semprot grafiti dari berbagai merk dan harga. (Inibaru.id/ Audrian F)

Neyra menjelaskan untuk kaleng merk pilox itu sekitar Rp 25 ribu. Banyak cat tembok rumahan yang mengeluarkan produk cat khusus grafiti. Seperti Deton dan Profan harganya berkisar Rp 38 ribu. Kalau merek lokal kualitas hampir impor yaitu Rhema, harganya Rp 50 ribu. Sementara merek-merek impor bisa mencapai Rp 75 ribu hingga ratusan ribu.

“Kalau yang paling banyak dibeli itu merek Zebra seharga Rp 23 ribu. Itu harganya terjangkau. Kalau buat pemula sudah cukup banget,” jelas Neyra

Toko grafiti memiliki pengaruh besar bagi skena grafiti di sebuah kota, antara lain untuk produktivitas dan perkembangan seni ini. Neyra mengungkapkan, banyak orang datang jauh-jauh ke Semarang untuk membeli perlengkapan grafiti karena nggak ada toko serupa di kotanya.

“Toko grafiti penting terutama untuk masuknya sponsor. Sponsor kan pasti orientasinya, bikin event terus jual produk. Nah pasti tempatnya di toko grafiti,” tandasnya.

Toko grafiti bisa jadi gerbang masuknya sponsor. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Toko grafiti bisa jadi gerbang masuknya sponsor. (Inibaru.id/ Audrian F)

Toko Reload Graffiti Supply juga menjual perkakas grafiti lain seperti, masker, marker kosongan, tinta, caps kaleng, sarung tangan, cat untuk blok tembok yang kotor dan lain-lain.

Hm, kalau di kotamu ada toko grafiti nggak, Millens? (Audrian F/E05)