Jangan Anggap Remeh, Ini Peran Inkubator bagi Perkembangan Startup

Setelah dirintis, startup akan masuk dalam tahap inkubasi. Lantas, apa sih fungsi inkubator bagi perkembangan startup ?

Jangan Anggap Remeh, Ini Peran Inkubator bagi Perkembangan <em> Startup </em>
Inkubator sebagai sarana pengembangan bisnis rintisan. (Unplash)

Inibaru.id – Pada debat kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2/2019) lalu, isu startup hangat diperbincangkan. Calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo menyebut, para startup saat ini sedang dalam masa inkubasi. Hm, apa sih inkubasi itu?

Inkubasi adalah tahap pengembangan startup supaya lebih cepat maju. Pada tahap ini, para pendiri startup bakal dipandu dengan inkubator yang bertugas untuk mempercepat perkembangan terutama dalam hal kesiapan modal dan penyempurnaan konsep produk.

Perlu disadari, nggak semua startup didirikan oleh mereka yang berduit. Terkadang, ada startup yang punya ide bagus tapi nggak siap dalam modal. Di situlah peran inkubator dibutuhkan.

Supaya lebih paham tentang fungsi dan peran inkubator, cek ulasan di bawah, yuk!

Validasi Ide Bisnis

Validasi ide dan perencanaan bisnis adalah tahap pertama yang menjadi perhatian khusus di setiap proses inkubasi (Unplash)

Ide itu mahal. Jadi, sudah selayaknya jika ide dihargai dan diapresiasi tinggi. Namun, perlu dipahami setiap ide juga perlu divalidasi dari pihak yang berkompeten. Bukan untuk membatasi atau menghambat proses realisasi, validasi itu justru membantu proses pematangan gagasan agar pengembangan bisnis lebih terarah. Dalam proses ini, inkubator berperan sebagai media penggodok ide sekaligus pusat konsultasi dari para penggagas bisnis rintisan yang ada.

Pusat Mentor dan Konsultan

Inkubasi merupakan sarana yang tepat untuk berdiskusi dengan para mentor dan konsultan yang kompeten. (Unplash)

Sebagai pusat konsultasi, setiap inkubator memiliki mentor yang mumpuni untuk para perintis bisnis. Mentor yang dilibatkan dalam inkubator adalah orang-orang ahli dari berbagai bidang seperti bidang finansial, pemasaran, dan teknologi.

Penyedia Infrastruktur

Salah satu peran inkubator adalah mendukung para perintis bisnis, termasuk memberikan fasilitas ruang kerja untuk mendukung pengembangan bisnisnya. (Unplash)

Nggak semua startup merintis usahanya di kantor pribadi atau tempat yang megah. Nah, di sinilah peran inkubator untuk mendukung perintisan bisnis melalui penyediaan ruang ekspresi bagi para pendiri startup. Sistem penyediaan infrastruktur itu semacam coworking space.

Jembatan bagi Investor

Inkubator adalah pusat investor yang siap membantu finansial perintisan bisnis.(Unplash)

Para investor yang memiliki modal besar akan memanfaatkan inkubator sebagai lahan untuk mencari para pelaku bisnis yang layak dimodali. Sementara itu, bagi para perintis usaha, inkubator merupakan jembatan yang dapat mempermudah gerak mereka dalam mendapatkan modal dan kepercayaan untuk proses realisasi ide sekaligus pengembangan bisnisnya.

Mayoritas investor berani menggelontorkan dana yang cukup besar melalui proses inkubasi karena mereka percaya terhadap kredibilitas startup yang berada di bawah naungan inkubator tersebut.

Perluasan Jaringan Relasi

Dalam tahap inkubasi, pendiri startup bisa memperluas jaringan dengan sesama startup pada program inkubasi yang dijalani. (Unplash)

Inkubator merupakan pusat berkumpulnya para pegiat bisnis dari berbagai bidang. Oleh karena itu, para pebisnis yang tergabung dalam inkubator dapat lebih leluasa memperluas jaringan mereka. Latar belakang para pebisnis yang berbeda diyakini bisa memantik diskusi sehat sekaligus menaikkan iklim produktif.

Wah, mantul a.k.a mantap betul ya peran inkubator dalam perintisan bisnis. Bagi kamu yang sedang merintis usaha, coba deh ikut inkubasi di suatu tempat. Semoga berhasil, ya! (IB23/E04)