Peluang 80 Startup Digital Indonesia di Program HUB.ID Summit 2022

Peluang 80 Startup Digital Indonesia di Program HUB.ID Summit 2022
HUB.ID merupakan program bussiness matchmaking, yang memberikan sejumlah fasilitas bagi para startup digital binaan untuk mengembangkan bisnisnya. (Medcom/Theofilus)

Dalam program HUB.ID Summit 2022 yang diselenggarakan oleh Kominfo, ada 80 startup digital dari berbagai daerah di Indonesia yang akan mendapat pembinaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Inibaru.id - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) selalu berusaha melakukan upaya pengembangan ekosistem startup di Indonesia. Salah satu program pengembangan startup yang sedang bergulir adalah HUB.ID 2022.

Perlu kamu tahu, HUB.ID merupakan program bussiness matchmaking, yang memberikan sejumlah fasilitas bagi para startup digital binaan untuk mengembangkan bisnisnya. HUB.ID Summit 2022 digelar di Nusa Dua Bali hari ini, Senin, 5 September 2022.

"Ada 80 startup digital dan 80 venture capital serta partner bisnis dari berbagai sektor dan daerah," kata Ketua Business Matchmaking HUB.ID Summit 2022 Luat Sihombing di The Westin Resort, Nusa Dua Bali, Senin (5/9/2022).

Startup digital yang berpartisipasi nggak hanya berasal dari DKI Jakarta, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Bali, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sumatra Barat, hingga Sumatra Utara.

"Jadi cukup mewakili seluruh daerah dan ini menarik karena masing-masing startup tahu betul kearifan lokal serta tantangan dan solusi yang tepat," jelas Luat.

Dia menambahkan, HUB.ID Summit 2022 diisi berbagai diskusi panel yang kemudian mempertemukan satu per satu startup digital dengan pendana ventura serta partner bisnis.

"Ini akan meningkatkan exposure startup digital Indonesia dan membuka peluang sinergi, kolaborasi, hingga pendanaan," papar dia.

Luat berharap seluruh startup digital Indonesia memanfaatkan HUB.ID Summit 2022 dengan maksimal, supaya semakin banyak unicorn hingga decacorn yang lahir dari Indonesia.

"Kemudian startup semakin bertumbuh dan banyak pemain startup digital Indonesia untuk mengakselerasi transformasi digital," tutur dia.

Yap, HUB.ID jadi bukti bahwa pemerintah acuh terhadap pertumbuhan usaha rintisan di Indonesia ya, Millens? Semoga perhatian tersebut berlangsung berkesinambungan dan mampu melahirkan perusahaan unicorn atau decacorn di Indonesia. (Siti Khatijah/E03)

Artikel ini telah terbit di Medcom.id dengan judul 80 Startup Indonesia Menjemput Kesempatan di HUB.ID Summit 2022.