Nongsa D-Town: Jembatan Indonesia-Singapura dan Pusat Ekonomi Digital Baru di Batam

Nongsa D-Town: Jembatan Indonesia-Singapura dan Pusat Ekonomi Digital Baru di Batam
Nongsa D-Town di Batam. (Sinar Mas Land)

Citramas Group bersama dengan Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Global meresmikan Nongsa D-Town di Batam. Tempat ini rencananya bakal jadi pusat ekonomi digital di Indonesia.   

Inibaru.id – Citramas Group bersama Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Global meresmikan Nongsa D-Town. Dibangun di atas lahan 62 hektare sejak 2019, jalur penghubung Indonesia-Singapura itu diharapkan bisa jadi kawasan ekonomi digital yang menyerap 8.000 tenaga kerja digital.

Nongsa D-town berada di daerah eksklusif yang ada di Pulau Batam, Kepulauan Riau. Dari Singapura, "jembatan" ini bisa diakses melalui perjalanan 40 menit berkapal feri. Sementara, dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, kamu bisa mengaksesnya hanya dengan 15 menit perjalanan darat.

Peresmian Nongsa D-Town pada Selasa (2/3/2021) dilakukan secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Chan Ching Sing.

CEO Citramas Group Mike Wiluan serta CEO Sinar Mas Land Group Michael Widjaja ikut memberikan sambutan sekaligus menjabarkan proyek ini dalam sesi talkshow bersama Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo serta Chairman Singapore Economic Development Board Dr Beh Swan Gin.

Proyek Nongsa D-Town terinspirasi dari pidato Presiden Joko Widodo yang menyebut ekosistem start-up Indonesia adalah yang paling aktif se-Asia Tenggara dan nomor lima di dunia. Nilai ekonomi digitalnya pun paling besar dan tumbuh paling cepat se-Asia Tenggara.

“Saya harap peresmian Nongsa D-Town dapat menjadi akselerator dan memberi dampak yang signifikan terhadap industri digital di Batam, juga untuk mendukung kerja sama bilateral Indonesia dengan Singapura,” terang Airlangga Hartanto.

Sementara, CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyebut fasilitas dan infrastruktur Nongsa D-Town nggak hanya disiapkan sebagai tempat kerja, melainkan juga pusat pelatihan digital, Dengan demikian, dia berharap akan tercipta digital talent pool yang sehat.

"Nongsa D-Town pun disiapkan sebagai pusat ekonomi digital di Indonesia," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan CEO Citramas Group Mike Wiluan. Menurutnya, Nongsa D-Town akan menjadi jembatan digital Indonesia dengan Singapura.

"Ya, khususnya dengan talent pool untuk generasi muda yang saat ini sangat diperlukan kedua negara,” tambahnya.

Perlu kamu tahu, Nongsa D-Town adalah pengembangan dari Nongsa Digital Park yang sudah diresmikan sejak 2018. Lokasi Nongsa Digital Park ada di kawasan ekonomi khusus dan memang difokuskan pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital di Batam.

Di tempat ini, sudah ada 1.000 tenaga kerja digital yang beasal dari 100 perusahaan multinasional. Desain Nongsa D-Town disiapkan oleh Surbana Jurong dari Singapura. Selain area perkantoran dan penunjang lainnya, nantinya akan ada hotel, serta co-working/co-living space yang dibutuhkan masyarakat dan pekerja di sana.

Lokasi Nongsa D-Town yang sangat strategis akan memudahkan Indonesia dan Singapura untuk tumbuh bersama sekaligus saling melengkapi dalam persaingan sektor ekonomi digital dunia. Semoga hubungan saling menguntungkan ini berlangsung lancar! (Ads/IB09/E03)