Nggak Perlu Kantor, 5 Bisnis Ini Bisa Dikerjakan di Rumah

Nggak Perlu Kantor, 5 Bisnis Ini Bisa Dikerjakan di Rumah
Ilustrasi freelancer. (meaa.org)

Pengin punya usaha tanpa perlu keluar rumah? Ada lo pekerjaan yang bisa dilakukan dari zona nyaman kamu.

Inibaru.id – Kamu tetap bisa menambah pundi-pundi uang tanpa harus meninggalkan rumah. Beberapa ide pekerjaan ini cuma butuh gawai dan sambungan internet. Nggak perlu lagi tuh pusing mikir pakai baju apa ke tempat kerja. Yuk, simak ide bisnis yang bisa kamu coba berikut.

1. Penjual Online

https://cdn.moneysmart.id/wp-content/uploads/2018/03/7-Alasan-Bisnis-Online-Sangat.jpg

Ilustrasi pengusaha online. (Moneysmart)

Dunia digital memungkinkan semua orang berpotensi menjadi pengusaha. Tanpa kantor atau toko konvensional sekali pun, kamu bisa tetap jualan. Buat saja toko daring (online shop). Kamu cuma butuh gawai dan sambungan internet.

2. Menjadi Freelancer

https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/tI0YdgQ8bZba_0KdwvEEtAlUdXY=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1098081/original/065045700_1451477503-elitedaily-lumina-work-recovery-800x400.jpg

Ilustrasi freelancer. (Liputan6.com)

Kerja tanpa banyak terikat peraturan perusahaan? Ya jadi freelancer, Millens. Kamu bisa menawarkan jasa sebagai pekerja lepas melalui internet. Contoh jasa yang bisa kamu tawarkan sebagai pekerja lepas adalah jasa content writer, desain, atau penerjemah. Karena nggak perlu bertatap muka dengan klien secara langsung, kamu bisa melakukan pekerjaan ini di mana saja. Mau mengerjakan order sambil liburan bisa. Sambil ngopi di kafe juga bisa. Asyik kan?

3. Party Decorator

http://1.bp.blogspot.com/-OGpSy9YtZqs/Ve5-U7DtgCI/AAAAAAAABJI/EL9mX-4otkk/s1600/Dekorasi+Ulang+Tahun+Anak+Perempuan+Tema+Hello+Kitty.jpg

Jiwa seni party decorator memang nggak ada matinya. (portalgambarhd.blogspot.com)

Kamu memiliki jiwa seni tinggi? Sepertinya menjadi seorang party decorator cucok. Meskipun harus melakukan survei tempat dan berdiskusi dengan klien di luar, tugas-tugas lain seperti melakukan desain dan membuat dekorasi bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa menata ruang pesta dengan memadukan permintaan klien dan kreativitasmu.

4. Fotografer atau Videografer

http://www.aksarainstitute.org/wp-content/uploads/2017/05/ilustrasi-videografer.png

Menjadi fotografer atau videografer sangat menyenangkan dan menggiurkan. (aksarainstitute.org)

Kemampuanmu dalam memotret atau mengambil video bisa dimanfaatkan untuk menambah uang saku. Selain menambah uang, kelebihan pekerjaan ini adalah kesempatan wisata ke tempat-tempat yang indah. Hasil jepretan kamu juga bisa dijual secara online atau diikutsertaan dalam lomba fotografi, lo.

5. Tutor Online

https://www.evotuition.co.uk/sites/default/files/images/Home-StudentLaptop.jpg

Menjadi tutor online memungkinkan kamu mendapat penghasilan sekaligus berbagi ilmu. (evotuition.co.uk)

Tutor online bisa jadi pilihan kamu yang suka berhadapan dengan anak kecil dan suka berbagi ilmu. Nah, tips untuk memulai usaha ini adalah menentukan minat dan kemampuan. Setelah itu, kamu bisa menentukan mata pelajaran dan jenjang pendidikan yang sesuai.

Meskipun usaha di atas dinilai lebih nyaman bagi orang-orang yang nggak suka bekerja terikat waktu di kantor, kamu perlu usaha ekstra untuk mendapat kesempatan. Dengan komunikasi dan portofolio yang baik, kesempatanmu untuk dilirik dan mengungguli kompetitior semakin besar.

Sobat Millens tertarik memulai bisnis yang mana, nih? (MG13/E05)