Nggak Asal Pakai Pakaian, Empat Motif Batik Ini Sebaiknya Dipakai Calon Orang Tua Saat Tujuh Bulanan

Nggak Asal Pakai Pakaian, Empat Motif Batik Ini Sebaiknya Dipakai Calon Orang Tua Saat Tujuh Bulanan
Batik Parang Grompol hingga Ratu Ratih jadi motif-motif yang dipakai saat tujuh bulanan. (Batik Rozan)

Dua bulan sebelum melahirkan, perempuan Jawa biasanya menggelar tradisi Tujuh Bulanan atau Mitoni. Selain aneka jajanan tradisional, batik jadi pakaian yang sebaiknya dilewatkan. Bukan sekadar untuk melengkapi tradisi, beberapa motif batik memang punya makna bagus untuk si jabang bayi.

Inibaru.id - Perempuan Jawa dengan usia kandungan 7 bulan punya tradisi khusus untuk menyambut sang jabang bayi. Orang Jawa menyebut tradisi ini dengan nama "Mitoni". Saat melakukan tradisi ini, calon orang tua sebaiknya nggak menggunakan sembarang pakaian. Beberapa batik berikut ini biasanya bisa mereka gunakan selama proses Mitoni berlangsung.

Parang Grompol

Batik Palang Grompol biasanya memiliki corak bulat dengan warna kecokelatan. Dengan mengenakan batik motif ini, si jabang bayi diharapkan bisa tumbuh menjadi anak yang kuat dan banyak rezeki.

Satria Wibawa

Batik motif Satria Wibawa memiliki bentuk persegi empat. Setiap persegi memiliki garis yang terhubung di tengah. Batik satria wibawa menjadi simbol pengharapan orang tua agar sang anak kelak memiliki sifat kesatria, bijaksana, serta mampu meraih status sosial yang tinggi dalam masyarakat.

Ratu Ratih

Batik lain yang nggak kalah indah untuk dikenakan calon orang tua adalah batik motif Ratu Ratih. Namanya yang indah berkaitan dengan coraknya yang juga cenderung feminin. Batik ini menggunakan corak berlian dan perhiasan sebagai simbol kemuliaan dan keagungan yang kelak didapatkan sang anak.

Nah, kamu yang sedang mempersiapkan Mitoni, sebaiknya pilih batik dengan makna yang sesuai harapanmu ya. Batik-batik ini memang memiliki harapan-harapan yang baik, namun harapan-harapan ini juga nggak akan terwujud jika kamu nggak menerapkan pola asuh yang tepat untuk membentuk anakmu.

Jadi, selain pintar pilih motif batik, harus pintar pula menerapkan pola asuh ya, Millens! (IB15/E03)