Misi Penyelamatan Lingkungan dalam Sebatang Sabun Tanre Skin

Bagaimana ceritanya kamu ikut melestarikan lingkungan hanya dengan memakai sepotong sabun? Penasaran?

Misi Penyelamatan Lingkungan dalam Sebatang Sabun Tanre Skin
Beberapa jenis sabun natural Tanre Skin. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Inibaru.id – Menyelamatkan lingkungan bisa dengan cara apa saja, termasuk memilih sabun mandi. Lo kok? Yap, sabun homemade yang satu ini memang memiliki misi lingkungan. Namanya sabun Tanre Skin. Sabun mandi ini sengaja dibuat dengan bahan-bahan alami dan tanpa minyak sawit.

FYI, penggunaan minyak sawit dalam pembuatan sabun dapat memicu pembukaan lahan baru untuk industri sawit yang notabene banyak merusak hutan Indonesia dan mengakibatkan dampak lingkungan. Hampir semua sabun pabrikan yang dijual di pasaran mengandung minyak sawit ini, Millens. Nggak heran jika pabrik sawit tumbuh subur di negara ini.

Sabun natural Tanre Skin dapat membantu merawat dan melembabkan kulit, lo. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Nah, berawal dari misi itu, Rizqi Umi Arifah bertekad menciptakan sabun yang ramah lingkungan. Tentu saja yang namanya ramah lingkungan harus berkonsep zero waste, dong. Bermodalkan tutorial di internet, dia memberanikan diri untuk mencoba membuat sabun sendiri yang mengandung bahan alami.

Meskipun berawal dari coba-coba, kini produk buatan Umi ini sudah dipakai banyak orang, lo. Dibantu Nailil Izza sebagai penanggung jawab pemasaran, kini sabun homemade ini sudah bisa menjangkau berbagai kota di Pulau Jawa seperti, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Dua sahabat yang sedang fokus mengembangkan bisnis sabun natural Tanre Skin. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Bisnis yang dirintis sejak November 2018 ini, semakin menunjukkan taringnya di dunia bisnis handcraft. Seperti namanya, Tanre (Tinggi, Bahasa Bugis) yang awalnya hanya dikenal teman-teman Umi, kini makin tinggi jumlah peminatnya. Tentu saja tinggi cuan-nya juga. He he

Nggak hanya fokus ke cuan (uang) saja nih, Millens. Dua sahabat lulusan Prodi Kelautan Universitas Diponegoro ini juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada pembeli tentang bahan pembuatan sabun natural, manfaat sabun natural, dan tentu saja tentang zero waste.

Sabun natural Tanre Skin dikemas menggunakan kertas. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Kampanye tentang zero waste, Tanre tunjukkan dengan memilih kemasan kertas yang lebih ramah lingkungan dibanding plastik. Bahan pembuat sabun juga dijamin alami sehingga aman buat kulit.

Ada 8 varian sabun yang bisa disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan nutrisi kulitmu, ya. Adapun jenisnya, original, charcoal, lidah buaya, teh hijau, oats dan madu, mawar, kopi, dan spirulina. Semuanya memiliki aroma yang bakal bikin kamu jatuh hati. Bentuknya pun nggak pasaran. Cocok kalau mau menjadikannya sebagai hadiah.

Sabun natural Tanre Skin didiamkan selama 4 minggu sebelum siap dipakai. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Dengan merogoh kantong sebesar Rp 10.000 hingga Rp 25.000, Millens sudah bisa memanjakan kulit dengan sabun Tanre ini. Cukup mahal memang, tapi sabun ini bisa kamu pakai sekaligus sebagai sabun muka. Produk Tanre kini bisa Millens pesan di lokapasar seperti Shopee dan Moselo.  

Sabun ini bisa dipakai untuk sabun mandi dan sabun muka juga, lo. Yuk ganti sabunmu dengan yang natural. (Dyana Ulfach/E05)