Mesin Cuci Pembakar Lemak dan Hemat Energi Listrik, Siapa Mau?

Mesin Cuci Pembakar Lemak dan Hemat Energi Listrik, Siapa Mau?
Mesin cuci gowes. (senayanpost.com)

Sambil menunggu baju selesai dibersihkan, kamu juga bisa membuang lemak di tubuh, lo! Yuk, simak cerita lengkapnya.

Inibaru.id – Sehat dan super irit, mungkin itulah kesan yang paling pas untuk temuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini. Yap, mereka menciptakan sebuah mesin cuci yang bisa bikin bugar penggunanya sekaligus hemat listrik. Loh, apa bisa?

Ditulis Merdeka.com (26/06/2018), Awalnya mesin cuci ini merupakan tugas mata kuliah Pengembangan Produk untuk membuat sebuah karya. Arfian Sinatrya Darussalam bersama 8 orang anggota kelompoknya membuat alat baru.

Di bawah dosen pembimbing, Muhammad Lukman, mereka manfaatkan mesin cuci rusak kemudian digabungkan dengan sepeda angin atau sepeda gowes. Alat itu sebagai solusi, khususnya bagi ibu rumah tangga untuk memudahkan mencuci baju dengan biaya yang relatif murah.

Para mahasiswa UMM< penemu mesin cuci gowes. (Merdeka.com)

Tanpa Listrik

Mesin tersebut dibuat dengan manfaatkan beberapa bagian rangka mesin cuci yang dirangkaikan dengan alat semacam gir untuk memutar. Penggunanya harus mengandalkan kaki untuk menggowes sepeda. Sehingga alat ini memang cukup mudah digunakan. Penggunaannya tanpa aliran listrik.

Oya, perlu kamu tahu nih, proses pengerjaan alat tersebut memakan waktu sekitar tiga bulan, termasuk proses penyempurnaan yang dimulai dari riset hingga produksinya. "Ke depannya kami ingin membuat mesin cuci gowes yang lebih baik dan lebih baik lagi," tutur Alvian.

Saat ini mesin cuci gowes masih dipakai secara pribadi oleh pembuatnya, Millens. Mereka berharap dapat segera mengkomersilkan mesin cuci ini.

Sekretaris Prodi Teknik Industri UMM, Dian Palupi Restuputri mengatakan mata kuliah Pengembangan Produk menjadi awal dari mahasiswa menghasilkan suatu karya, baik memodifikasi yang sudah ada atau membuat karya baru yang belum pernah ada sebelumnya.

"Keterampilan jurusan teknik industri salah satunya adalah membuat suatu produk yang mana nantinya dapat diaplikasikan baik untuk dunia industri maupun masyarakat," tegasnya.

Wah, keren sekali ya penemuan anak-anak muda ini? Noda hilang, lemak terbuang. He-he (IB06/E05)