Menjajal Serunya Membatik Kayu di Dusun Krebet Yogyakarta

Menjajal Serunya Membatik Kayu di Dusun Krebet Yogyakarta
Badak dengan motif batik ini lucu, kan? (Klikhotel)

Dusun Krebet memproduksi aneka kerajinan kayu bermotif batik. Ya, kamu yang “batik mania” bisa memborong berbagai kerajinan cantik di sana dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti apa sih kerajinan batik kayu ini?

Inibaru.id – Sebagai kain khas Jawa, batik nyaris nggak lepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Umumnya, batik digunakan sebagai seragam anak sekolah, seragam pegawai negeri sipil, hingga kostum pengantin. Namun, untuk mendapatkan corak indah ini, kain bukanlah satu-satunya media, lo.

Di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta, kamu bisa menjumpai para pengrajin yang membatik di kayu. Ya, jenis kayu yang digunakan tentu saja khusus. Para pengrajin biasanya menggunakan mahoni, klepu, dan sengon. Kayu-kayu tersebut masih banyak dijumpai di Bantul.

Para pengrajin sedang membatik patung. (kompasiana/wardhanahendra)

Parangrusak, kawung, garuda, parangbarong, sidorahayu, dan sidomukti adalah motif-motif yang sering digunakan. Motif-motif itu diaplikasikan pada kayu yang telah dijadikan topeng, wayang, patung, hingga wadah tisu. Nantinya, kerajinan-kerajinan ini dijual dengan harga sekitar Rp 2.000-Rp 300.000.

Duh, karya para pengrajin Dusun Krebet ini cantik-cantik kan? Pengin rasanya memborong untuk kenang-kenangan orang tersayang. Kamu yang menyukai kerajinan kayu, jangan lupa untuk datang ke sana lagi ya saat liburan nanti. (IB15/E03)