Mengulik Mediterania, Konsep Arsitektur yang Menyejukkan Mata

Mediterania menjadi salah satu konsep yang menarik untuk diterapkan di rumah. Menawarkan warna-warna yang menyejukkan mata, konsep ini nggak meninggalkan elemen-elemen tradisional yang justru mempercantik tampilannya.

Mengulik Mediterania, Konsep Arsitektur yang Menyejukkan Mata
Putih dan Biru, warna yang khas dengan gaya arsitektur mediterania. (pinimg.com)

Inibaru.id – Bagi orang yang menyukai pantai, konsep interior mediterania tentu menjadi pilihan yang pas untuk menata ruangan. Konsep ini tentu makin klop kalau lokasi rumahmu berhadapan dengan laut. Selain indah, konsep ini juga ampuh menyejukkan mata lantaran menghadirkan warna-warna yang cerah.

Nikos Bar & Kitchen adalah salah satu restoran di Semarang yang menerapkan konsep ini. Menonjolkan warna biru dan putih, restoran ini menghadirkan nuansa kehidupan ala Pulau Santorini di Yunani. Secara pribadi, saya menyukai bentuk bangunan ini.

Interior Mediterania memadukan warna-warna laut. (Inibaru.id/ Artika Sari)

“Ini karena saya suka dengan keindahan pantai dan Bali, makanya saya gabungkan dengan konsep pariwisata di Pulau Santorini yang menekankan warna biru dan putih,” tutur Allen. “Saya pikir konsep seperti ini juga masih jarang di Semarang.”

Menilik lebih jauh, konsep arsitektur dan interior mediterania mengacu pada rumah-rumah di Yunani, Spanyol, dan Italia. Pilar-pilar kokoh menjadi bagian yang ditonjolkan dalam konsep ini. Selain itu, bentuk jendela segi empat cenderung melengkung pada bagian atas. Supaya penampilan bangunan makin manis, bebatuan alam nggak jarang jadi penghias dinding. Atap miring juga menjadi ciri khas lain bangunan bergaya mediterania.

Lampu dan atap rotan menjadi beberapa elemen tradisional yang mempermanis konsep mediterania. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Bicara soal interior, lampu gantung dan perabotan bergaya rustic jadi kombinasi yang pas. Kendati menampilkan kesan modern dan segar, mediterania tetap menyisakan ruang untuk elemen-elemen tradisional. Di Nikos Bar & Kitchen, saya melihat perpaduan ini diciptakan dari tembok putih, meja dan kursi bergaya minimalis, serta lampu gantung dari rotan. Perpaduan yang menurut saya cantik dan unik.

Pengin mendekorasi ruanganmu dengan konsep ini? Desain Nikos Bar & Kitchen bisa kamu sontek, lo. Saya rasa desain ini cocok menggambarkan anak muda yang riang dan ceria. Jadi, kapan kamu berbenah? (Artika Sari/E05)