Mengulik Besaran Modal dan Keuntungan <em>Food Truck</em>
Para penjaja makanan dengan menggunakan Food Truck. (Inibaru.id/ Audrian F)

Mengulik Besaran Modal dan Keuntungan Food Truck

Kini semakin banyak saja usaha food truck berseliweran. Kamu penasaran nggak sih berapa modal yang dibutuhkan dan laba yang dihasilkan?

Inibaru.id - Industri kuliner kini makin menjamur dan makin inovatif saja cara penyajiannya. Baik dari jenis makanan dan tempatnya semua menghadirkan warna baru untuk menarik para pelanggan. Salah satu terobosan baru di indutri kuliner itu adalah hadirnya cara berdagang dengan menggunakan mobil atau yang disebut dengan “Food Truck”.

Penjual melakukan proses produksi dan transaksi di dalam mobil. Lantaran berjualan memakai mobil, orang tentu akan mengira omzet akan lebih besar. Namun, benarkah demikian?

Kata Mei Tri Nugroho, ketua Komunitas Food Truck Kota Semarang, menjalankan bisnis dengan food truck memang cukup menjanjikan. Keuntungan yang bisa dikantongi juga lumayan.

Food Truck ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Sejauh ini perhatian publik cukup menguntungkan. Omzet kami cukup lumayan. Ditambah juga dengan banyaknya event yang tergelar di Kota Semarang ini jadi makin menambah penghasilan kami,” jelasnya.

Namun, Mei menjelaskan bahwa semuanya butuh proses. Nggak ada istilah untung instan. Pria yang telah empat tahun menjalankan bisnis ini juga mengungkapkan kalau pengin berdagang dengan cara Food Truck harus punya mental yang kuat dan nggak gampang bosan.

Baca juga: Mengenal Komunitas Food Truck yang Sering Ramaikan Event Semarang

“Saya rasa sih balik ke pribadi masing-masing yang melakoni dagang dengan menggunakan truck tersebut. Kalau cepat bosan dan menyerah ya nggak bertahan lama,” ujar Mei.

Mei juga mengaku hingga saat ini komunitasnya masih mengandalkan event-event yang digelar di Kota Semarang. Dia bercerita, Pemerintah Kota Semarang sebetulnya sudah berencana menempatkan food truck di tempat regular tapi belum ada kepastian tempat.

Kumpulan Food Truck di acara sirkus The Greatest 50 Show. (Inibaru.id/ Audrian F)

Untuk membuat konsep Food Truck ini Mei mengungkapkan kalau modal yang harus dikeluarkan tergantung pada jenis mobil dan desain yang akan dipakai untuk membangun Food Truck.

“Tergantung pada desainnya. Jika biasa-biasa saja mobil dan desainnya, mungkin cuma Rp 20 juta-an. Kalau yang bagus dari jenis mobil dan desain ada yang mencapai Rp 200 juta," bebernya. Buatnya, berdagang dengan mobil seperti ini lebih simpel karena bisa dibawa ke mana-mana.

Jadi seperti itu ya, Milens, jika kamu ingin berwirausaha dengan menggunakan Food Truck penjelasan Mei Tri Nugroho tersebut bisa dijadikan rujukan ya. Kamu tertarik? (Audrian F/E05)