Mengintip Ide Gila Ala Kopi Kulo
Produk Kopi Kulo. (Zomato.com)

Mengintip Ide Gila Ala Kopi Kulo

Beberapa waktu lalu, Kopi Kulo berhasil menyabet penghargaan dari Go-Jek, lo. Wah, penghargaan apa ya?

Inibaru.id – Industri kopi sedang “naik daun” akhir-akhir ini. Hal tersebut terlihat dari semakin besarnya geliat para pebisnis kopi di Indonesia. Kedai-kedai kopi dan produsen minuman kopi pun semakin banyak bermunculan. Mereka melakukan berbagai inovasi dan eksplorasi menarik di industri kopi.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh kedai Kopi Kulo. Baru lima bulan beroperasi sejak Desember 2017, Kedai Kopi Kulo menyabet penghargaan pendatang baru yang paling banyak dipesan via aplikasi Go-Food dari Go-Jek. Wah!

Pemilik Kedai Kopi Kulo, Clement mengatakan, kedai kopinya bersaing dengan melahirkan menu-menu unik. Salah satu menu andalan Kedai Kopi Kulo adalah Avocatto, yakni perpaduan jus alpukat dengan satu shot espresso, ditambah pilihan es krim cokelat atau vanila.

Antrean di salah satu kedai Kopi Kulo. (bisnisfun.com)

"Kami mungkin bukan yang pertama, tapi kami yang pertama kali membawa ke Jakarta mempopulerkan Avocatto," ujar Clement.

Konsep Unik

Lebih jauh, menurut Kompas.com (04/05/2018), ide membuka kedai kopi tersebut digagas bersama keempat temannya. Mereka membuat konsep unik, yakni coffee to go. Yap betul, kopi yang bisa didapatkan pembeli dengan mudah sebagai teman jalan. Oleh karena itu, kedai Kopi Kulo miliknya nggak terlalu luas dan dibuat sederhana.

Mereka nggak menyangka begitu menjadi mitra Go-Jek, Kedai Kopi Kulo kebanjiran pesanan. Bahkan pengemudi Go-Jek harus mengantre 30 menit hingga satu jam untuk menjemput pesanan mereka. Wah!

"Mereka mengeluh tapi kita mengerti lah. Karena kita juga enggak menyangka bakal sebesar ini," kata Clement.

Sebanyak 70-80 persen pesanan, kata Clement, berasal dari transaksi online di Go-Food. Oya, perlu kamu tahu nih, untuk media pemasaran Kopi Kulo, hanya memaksimalkan penggunaan media sosial, lo. Keren bukan?

Belum setengah tahun berdiri, kedai tersebut berhasil mendirikan belasan cabang di Jakarta, Lombok, Bandung, hingga Bali. Ke depannya, kata Clement, Kedai Kopi Kulo akan terus berinovasi dengan menciptakan menu-menu unik lainnya. Menu terbaru mereka, yakni Kopi Keju, cukup menarik minat pecinta kopi.

Ide ini dikatakan Clement cukup gila. Menurutnya belum penah ada orang yang memadukan kopi dengan keju.

"Kami selalu mencari, istilahnya, yang gila, yang orang enggak pernah bayangkan di kopi bisa jadi apa. Itu akan kami keluarkan terus," kata Clement.

Wah, bikin penasaran saja ya kopi keju ini. Terus, kapan kamu mau ke kedai Kopi Kulo? (IB06/E05)