Mengenal Batik Bayat, Batik Bercorak Kasunanan dari Klaten

Batik Bayat merupakan batik khas Kabupatebn Klaten. Diproduksi di Kecamatan Bayat, batik ini memiliki motif yang sekilas mengingatkanmu pada batik Solo. Seindah apa sih batik Bayat?

Mengenal Batik Bayat, Batik Bercorak Kasunanan dari Klaten
Batik Bayat. (Lonelypinkplanet.com)

Inibaru.id – Setiap daerah di Jawa Tengah memiliki batik dengan corak yang khas. Ini berlaku juga di Kabupaten Klaten. Desa Wisata Jarum menjadi salah satu lokasi batik khas Klaten itu diproduksi. Warga setempat menyebutnya Batik Bayat. Kedekatan Klaten dengan Solo membuat corak Batik Bayat mirip batik Solo, yakni corak kasunanan.

Batik Bayat didominasi warna cokelat. Warna ini kerap dipadukan dengan motif Gajah Birowo. Gajah digunakan lantaran hewan ini melambangkan sumber kekuatan serta kepemimpinan.

Selain motif gajah birowo, batik tersebut juga memiliki motif lain, yakni Babon Angrem. Dalam bahasa Indonesia, babon angrem berarti induk ayam yang sedang mengerami telurnya.

https://2.bp.blogspot.com/-fj7W1Gg_IbM/WABwJjF-aKI/AAAAAAAA2zA/Zl-KWSNrqoABjvcS6_-2qhJqcVodu3LxgCKgB/s1600/CropperOutput-1893592923.jpg

Batik Bayat. (Martanipangansehat)

Batik Bayat motif babon angrem biasanya digunakan para ibu pada upacara tujuh bulanan. Menilik pelambangannya, babon angrem menggambarkan kasih sayang ibu pada anaknya. Batik ini juga menjadi ungkapan permohonan keturunan agar bisa melanjutkan sejarah keluarga.

Kalau berkunjung ke Klaten, jangan lupa membeli batik ini ya, Millens. Dengan warna dan motif yang beragam, batik ini tentu bisa jadi salah satu andalanmu menghadiri pelbagai acara. Dengan membeli batik Bayat, kamu juga turut menyumbang perekonomian para pengrajin batik. Yuk, diborong! (IB15/E03)