Mas Jawa T-Netra, Aplikasi yang Mudahkan Penyandang Tunanetra Kenali Uang

Mas Jawa T-Netra, Aplikasi  yang Mudahkan Penyandang Tunanetra Kenali Uang
Mahasiswa Undip berhasil menyabet mendali emas dan Best International Invention dalam Event Japan Design and International Expo (JDIE) 2018. (siedoo.com)

Enam mahasiswa Undip ini menciptakan aplikasi keren yang membantu penyandang tunanetra mengenali nominal mata uang dan membca buku bahasa Inggris. Namanya, Mas Jawa T-Netra. Penasaran?

Inibaru.id – Dinilai brilian dan tentunya berdaya guna, penemuan keenam mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang ini mampu mengantongi medali emas Event Japan Design and International Expo (JDIE) 2018. Mereka menamai penemuan ini dengan Mas Jawa T-Netra (Money Android Scanner for Blindess People).

Aplikasi ini bisa membantu penyandang tunanetra mengetahui nominal mata uang yang mereka pegang. Mengingat mereka memiliki keterbatasan penglihatan, tentunya aplikasi ini sangat bermanfaat. Betul nggak, Millens. Aplikasi ini juga akan meminimalisasi orang-orang yang ingin menipu mereka. Keren kan?

Tampilan aplikasi Mas Jawa T-Netra yang bisa diunduh di play.google.com

Tampilan aplikasi Mas Jawa T-Netra yang bisa diunduh di Play Google(play.google.com).

Dalam menentukan nilai mata uang yang dipegang, penyandang tunanetra bisa mengetahui jenis pola, warna, ukuran, dan orientasi teks.

Tersedia di Play Store

Sesuai yang dituliskan jateng.tribunnews.com (22/8/2018), Wisnu Indrawan selaku ketua tim mengatakan kalau aplikasi berbasis Android yang bisa diunduh di Play Store tersebut dirancang dengan metode neural network. Konsep dari Mas Jawa T-Netra ini cukup sederhana sehingga penyandang tunanetra mudah mengoperasikannya. Nggak hanya mengidentifikasi nominal mata uang, Mas Jawa T-Netra bisa, lo, untuk membaca buku.

“Aplikasi ini mampu mengetahui teks dari sebuah gambar, yang ditangkap oleh kamera Android. Teks yang diekstraksi kemudian akan dikenali oleh mesin pengenal karakter optical character recoginition (OCR), sedangkan output-nya adalah media player yang memberi tahu pengguna nilai nominal mata uang,” imbuh mahasiswa jurusan Fisika.

Keberhasilan aplikasi ini dalam mendeteksi nilai nominal mata uang mencapai angka 96 persen, dengan rata-rata waktu hanya 5 detik. Sejauh ini, aplikasi ini terus dikembangkan dari nilai mata yang yang bisa terbaca hingga membaca teks buku berbahasa Inggris, lo!

Wisnu berharap kalau aplikasi Mas Jawa T-Netra bisa bermanfaat bagi tunanetra di kehidupan sehari-hari agar proses transaksi berjalan mudah serta membantu mereka saat membaca buku. Sejauh ini sudah 1000 orang mengunduh Mas Jawa T-Netra secara gratis di Play Store. (MG10/E05)