Dengan Optimasi Digital Marketplace, Ekonomi Daerah Bisa Jadi Lebih Baik

Dengan Optimasi Digital Marketplace, Ekonomi Daerah Bisa Jadi Lebih Baik
Anas Mubarok sedang mengajarkan bagaimana memotret produk. (Inibaru.id/Kholid Awr)

Digital marketplace dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi dan ekonomi daerah melalui skema ekonomi berantai. Dengan cara itu, ada kerkerjasama ekonomi yang terbangun, yakni antara drop-shipper dengan supplier di lingkup daerahnya.

Inibaru.id – Perkembangan media sosial mendorong terciptanya inovasi dalam berbagai hal, salah satunya adalah digital marketplace. Dengan cara itu, pebisnis bisa melakukan transaksi antara penjual dan pembeli secara daring.

Hal itu diungkapkan Anas Mubarok dari komunitas Bukalapak Cilacap pada Pelatihan Digital Marketplace yang berlangsung di Hotel Green Liana, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, belum lama ini. Dia mengungkapkan bahwa digital marketplace dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi dan ekonomi daerah dengan skema ekonomi berantai.

Konsep ekonomi berantai yang dimaksudkan adalah bagaimana dropshiper dan supplier berada di satu lokasi atau daerah dan saling kerja sama mengembangkan ekonomi dengan menangkap momentum di era sekarang.

Rekan Anas, Imam Arkan Mutohar, yang juga berjualan di digital marketplace, menjelaskan, dengan platform tersebut, pebisnis bisa mengembangkan potensi daerah lewat pemasaran produk.

“Misal kita mengunggah produk di daerah yang diproduksi tetangga, anggap saja jadi pemasarannya. Kalau dapat pembeli, kita dan tetangga sama untungnya,” ungkap dia.

Sementara, Irvan Pratama, Ketua Panitia penyelenggara Pelatihan Digital Marketplace Karang Taruna Kabupaten Cilacap, mengungkapkan, pemuda karang taruna dapat berkontirbusi terhadap organisasi dan lingkungannya secara ekonomi.

Dia berharap, pelatihan yang diikuti 30 peserta dari berbagai desa dan kecamatan se-Cilacap itu dapat memberikan ilmu tentang digital marketplace di lingkungannya.

“Biar teman-teman pengurus ini mampu memberikan kontribusi terhadap organisasi karang taruna menjadi lebih baik karena mempunyai aktivitas digital marketplace,” ungkapnya.

Menarik! Semoga konsep ekonomi berantai dengan berjualan di digital marketplace ini bisa dapat mengurangi angka pengangguran di daerah-daerah, ya! (Kholid Awr/E03)