Mau Untung Saat Berbelanja Grosir? Lakukan 4 Hal Berikut Ini

Berbelanja grosir bisa memberikan banyak keuntungan, terutama dari segi harga yang miring. Untuk mendapatkan barang incaran sesusai dengan bujet, lakukan dulu tips berikut ini.

Mau Untung Saat Berbelanja Grosir? Lakukan 4 Hal Berikut Ini
Belanja Grosir (republika.co.id)

Inibaru.idMillens punya niat membeli barang secara grosir untuk menjalankan usaha? Nah, supaya kamu puas dan nggak dirugikan pihak lain, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berbelanja grosiran seperti yang dikutip dari cermati.com. Apa saja itu?

1. Daftar Belanja

Catat barang belanjaan supaya lebih memudahkan untuk menemukan barang belanjaan yang ingin dibeli. Selain menghemat waktu,kamu juga terhindar dari barang belanjaan yang terlupa.

Catat dengan detail tentang barang yang kamu butuhkan. Mulai dari model, jumlah barang hingga perkiraan harga pasaran sebagai patokan. Lakukan survei terlebih dahulu mengenai semuanya lewat internet. Sertakan juga gambar model yang diinginkan.

Catat apa yang pengin kamu beli. (d3hhi5knjyj98j.cloudfront.net)

2. Survei

Sebelum memutuskan untuk membeli, lakukan survei ke beberapa toko untuk membandingkan kualitas dan harga barang yang ditawarkan. Tanyakan dan catatlah dengan detail segala hal yang berhubungan dengan barang yang akan dibeli.  Mulai dari nama toko, jenis  bahan, kualitas dan harga barang hingga peraturan retur jika ada. Hal ini untuk memudahkan saat memutuskan toko mana yang akan jadi tujuan pembelian. Selain itu, jangan sungkan untuk menawar  hingga mendapatkan harga yang sesuai.

Melakukan survei. (umcom.org)

3. Pengecekan

Agar terhindar dari kerugian, cek kembali barang belanjaan. Pastikan barang yang diinginkan nggak salah. Jangan sungkan meminta tolong lakukan pengecekan ulang, meski barang sudah dimasukkan ke dalam plastik belanjaan atau karung sekalipun. Mintalah secara sopan agar penjual mau membuka plastik atau karung kembali dan memastikan barangnya sudah sesuai.

Mengecek semua belanjaan kudu kamu lakukan. (georgemienie.co.za)

4. Pembayaran

Bawalah uang tunai sesuai kebutuhan atau sesuai perkiraan total jumlah belanjaan. Pasalnya bertransaksi di keramaian cukup berisiko. Jika membawa uang dalam jumlah besar, sebaiknya pisahkan uang menjadi beberapa bagian. Selain itu, simpanlah uang di dalam tas dan letakkan tas di depan badan. Tetaplah waspada dengan lingkungan sekitar.

Namun bila memungkinan, usahakan membayar menggunakan non-tunai, baik debit maupun kredit. Simpan kartu di tempat aman dan saat bertransaksi pastikan hanya kamu yang tahu PIN kartumu.

Eits, tapi perlu diketahui juga, nggak semua penjual grosir menerima pembayaran non-tunai. Jadi, saat survei jangan lupa menanyakan tentang sistem pembayarannya.

Metode pembayaran bisa dipilih. (vebma.com)

Well, mungkin hal-hal di atas terdengar sepele. Tapi bila dipraktikkan, tentulah sangat menguntungkan buat diri sendiri dan bisnisnya. Sobat Millens punya tips lainnya? (IB05/E05)