Belajar Bikin Sabun, Shibori, dan Berkebun di Little Garden

Belajar Bikin Sabun, Shibori, dan Berkebun di Little Garden
Interior Little Garden. (Inibaru.id/Artika Sari)

Makan sambil nongkrong itu biasa. Tapi makan sambil belajar berkebun? Itu baru unik! Kamu bisa menemukannya di Little Garden. Selain berkebun, pengelola juga mengajarkan cara membuat sabun dan shibori kepada pengunjungnya. Wah!

Inibaru.id – Untuk menjadi sebuah kedai makan yang dijadikan tempat nongkrong anak muda, Little Garden mungkin bukanlah pilihan. Namun, kalau kamu pengin menyantap makanan sekaligus belajar berkebun, kedai yang berada di Meguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, ini mungkin akan menarik perhatianmu.

Kedai Little Graden memang nggak terlalu "menarik". Bangunannya kecil, sementara halaman depannya hanyalah sebidang tanah yang ditanami jagung, kenikir, kemangi, bayam, terung, bawang merah, dan bawang putih. Namun, kesederhanaan itu nggak mengurangi kelezatan menu di sana, kok!

Tampilan sederhana Little Garden. (Inibaru.id/Artika Sari)

Berbeda dari kebanyakan kafe dan restoran di Yogyakarta yang mengusung konsep kekinian, Little Garden justru berupaya menghadirkan "kedai kebun" untuk menarik minat pelanggannya.

Selain itu, konsep organik juga dipegang teguh pengelola. Mereka menggunakan bahan makanan dan minuman yang bebas bahan kimia buatan. Terus, kamu juga nggak bakal menemukan sedotan atau kantong plastik di sana. Jadi, kalau kamu pengin membungkus makanan, bawa kantong plastik sendiri ya, Millens!

Minumannya nggak pakai sedotan plastik, lo. (Inibaru.id/Artika Sari)

Kelas Berkebun

Little Garden memiliki dua bidang kebun, yakni di luar yang agak luas dan di depan kedai yang lebih sempit. Sepetak kebun mini di depan kedai biasa mereka gunakan untuk kelas berkebun yang umumnya digelar sekali sebulan.

Yulia Sartika, barista Little Garden, mengatakan, kelas berkebun ditujukan untuk anak-anak. Tujuannya, tentu saja untuk memantik pengetahuan anak-anak gimana berkebun yang benar sekaligus menumbuhkan minat mereka pada tanaman.

Di kebun kecil ini, ada bermacam-macam tumbuhan yang biasa digunakan untuk kelas berkebun. (Inibaru.id/Artika Sari)

Kelas Shibori

Selain kelas berkebun, Little Garden juga mengadakan Kelas Shibori. Apa itu? Shibori adalah seni mencelupkan kain dengan pewarna alami. Dalam kelas tersebut, kamu akan diajari apa saja bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai pewarna beserta teknik-tekniknya.

Biasanya, kelas shibori diajarkan sekali dalam sebulan. Tiap sesi, peserta bakal "diajar" selama kurang lebih lima jam. 

Tumbuhan organik digunakan sebagai bahan makanan dan minuman di Little Garden. (Inibaru.id/Artika Sari)

Kelas Membuat Sabun

Selain dua kelas tersebut, Little Garden juga masih memiliki satu kelas lagi, yakni membuat sabun. Kamu yang pengin tahu seluk-beluk pembuatan sabun bisa bergabung. Namun, karena tempatnya cukup kecil, pihak pengelola membatasi jumlah peserta hanya sebanyak 8-10 orang saja.

Nah, kamu yang pengin mengikuti kelas-kelas tersebut, sebaiknya mendaftar dulu supaya kebagian kuota. Untuk info lengkapnya, kamu bisa mengeceknya di Instagram Little Garden, @littlegardenyk. Have fun, Millens! (Artika Sari/E03)