1001 Manfaat Limbah Mangrove

1001 Manfaat Limbah Mangrove
Sekelompok mahasiswa Undip menunjukkan produk hasil olahan limbah mangrove. (undip.ac.id)

Dari limbah, sekelompok mahasiswa Undip ubah mangrove jadi rupiah.

Inibaru.id – Buah mangrove yang jatuh seringkali dibiarkan begitu saja dan tumbuh menjadi bibit atau limbah yang nggak bermanfaat. Hal itu juga terjadi di Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Untuk mengatasinya, sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mengubah limbah mangrove menjadi produk inovatif yang bermanfaat. Mereka membuat produk pembersih rumah tangga dari limbah mangrove itu, Millens.

Fyi, mangrove yang tumbuh di sekitar Desa Kaliprau berjenis Rhizopora mucronata. Tanaman yang dikenal juga dengan sebutan bakau merah itu bermanfaat sebagai obat-obatan.

Tanaman itu juga mengandung senyawa aktif berupa antibakteri dan antioksidan yang pas banget dikembangkan menjadi pelbagai produk non pangan seperti ditulis undip.ac.id (3/8/2018).

Buah mangrove. (antarafoto.com)

Produk yang dihasilkan sekelompok mahasiswa Undip dari limbah mangrove itu beragam lo. Selain detergen dan pelicin pakaian, ada juga pewarna batik, semir sepatu, pencuci piring, dan pembersih lantai.

Selain kreatif dan inovatif, produk-produk itu juga ramah lingkungan karena mengurangi limbah mangrove yang ada di Desa Kaliprau. Paket komplet!

Eits, satu lagi keunggulan dari produk olahan limbah itu adalah nilai jualnya dong. Dari limbah nggak bermanfaat, produk olahan mangrove itu berubah menjadi sumber pundi-pundi rupiah.

Wah, pemanfaatan sumber daya lokal itu bakal meningkatkan perekonomian warga sekitar deh. Kamu berminat membeli produk pembersih dari limbah mangrove itu juga? (IB10/E05)