Mahasiswa UMY Ciptakan Kasur Pintar Mimi Sehat

Mahasiswa UMY Ciptakan Kasur Pintar Mimi Sehat
Kelompok pencetus kasur pintar Mimi Sehat. (umy.ac.id)

Bisa miring, kasur ini akan membuat pasien rawat inap lebih nyaman dan sehat.

Inibaru.id – Tahu nggak Millens kalau pasien yang berbaring dalam waktu yang lama berisiko mengalami luka tekan. Hal itu karena tekanan yang terlalu lama pada kulit. Tentunya hal ini akan semakin membahayakan jika pasien juga mengidap diabetes.

Nah, agar para pasien rawat inap dapat terhindar dari luka tekan ini sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menciptakan sebuah inovasi. Namanya kasur Miring-miring Sehat (Mimi Sehat).

Mereka adalah Suharli, Muhammad Nabil Dhiyaulhaq, Indah Septianing Tias, Aria Wahyudi Putra, dan Faiz Evan Saputra. Proyek kasur pintar Mimi Sehat sempat lolos dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) lo.

Nggak heran kalau kasur Mimi Sehat diapresiasi banget oleh banyak pihak termasuk Kemenristekdikti.

Siap Edar

Kasur Mimi Sehat bekerja dengan memberi pengaturan posisi sesuai dengan interval waktu yang sudah ditentukan oleh pasien. Jadi tubuh nggak hanya bertumpu pada satu titik saja. Kasur pun bisa memberi sirkulasi udara pada daerah yang berisiko mengalami luka tekan.

Saat ini kelompok pembuat kasur Mimi Sehat bekerja sama dengan M One Technology SMK Muhammadiyah Sukoharjo yang juga merupakan produsen kasur rumah sakit di Jawa Tengah seperti ditulis health.detik.com Rabu (18/7/2018).

Makanya kasur Mimi Sehat sudah siap dikomersilkan deh. Jawa Tengah akan menjadi pasar pertama mereka. Setelah berkas publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) selesai diurus, barulah kasur Mimi Sehat akan dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Wah, pasien-pasien di rumah sakit jadi bisa lebih nyaman deh. (IB10/E05)