Clozer Sanitizer, Pembersih Dudukan Toilet yang Praktis, Higienis, dan Ekonomis

Clozer Sanitizer, Pembersih Dudukan Toilet yang Praktis, Higienis, dan Ekonomis
Tim mahasiswa UGM dan produk Clozer. (Youngster.id)

Kamu sering kebelet saat berada di tempat umum tapi ragu mau pakai toiletnya? Nih, Clozer Sanitizer. Produk pembersih dudukan kloset dari limbah kulit udang. Kok bisa? Yuk simak ceritanya!

Inibaru.id – Kebelet ke toilet tapi ragu pakai kloset duduknya? Jangan khawatir Millens, sekarang ini kamu bisa lo memakai sanitizer khusus. Namanya Clozer Sanitizer. Percaya nggak kalau tisu sanitizer ini berbahan cangkang udang? Hmm

Mungkin Millens bertanya-tanya bagaimana bisa cangkang udang yang amis digunakan menjadi pembersih? Di tangan 5 mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang dimentori Dr. Siti Ari Budhuyati ini semuanya mungkin.

Kelima mahasiswa itu adalah Andita Palupi (Perikanan 2015), Muthia Restiningsih (Perikanan 2016), Nafis Endiana Ramadhanti (Perikanan 2016), Nuzulia Izmi (Perikanan 2016), dan Sigit Fitriyanto (Kimia 2015).

Berawal dari Keprihatinan

Mengutip dari youngster.id, Rabu (21/06/2018), Andita mengungkapkan, produk ini tercipta karena prihatin akan kebersihan kloset duduk di toilet umum. Jangan salah, Millens,  kloset yang nggak bersih bisa membahayakan kesehatan penggunanya lo.

Limbah kulit udang. (kedahnews.com)

Dari hasil penelitian, mereka memilih limbah cangkang udang sebagai bahan pembersih. Ternyata, cangkang udang mengandung kitosan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Wah!

Untuk menyempurnakan produk ini, mereka juga menambah senyawa-senyawa lain dan diproses selama 2 jam. Nah, untuk menghilangkan bau nggak sedap khas udang, beragam aroma ditambahkan.

Tumpas E. Coli dan Salmonella

Nggak main-main, lo. Tisu pembersih ini bisa melenyapkan bakteri E.coli dan Salmonella hingga 80 persen. “... tisu ini bisa membunuh hingga 80-90 persen bakteri tanpa penggunaan alkohol,” jelas Andita. Hebat kan?

Perlu kamu tahu,  Millens, inovasi ini mendapatkan dana hibah penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti), lo.

Produk Clozer Sanitizer. (instagram)

Berkat penelitian ini, cangkang udang yang tadinya cuma menjadi limbah bisa dimanfaatkan. Selain itu, kamu juga jadi nggak takut kena infeksi kulit gegara dudukan kloset yang nggak steril kan?

Saat ini, produk tersebut telah dipasarkan dalam bentuk kemasan tisu basah dengan empat varian aroma yakni lemon, lavender, apel, dan pine. Cukup dengan Rp. 5000, kamu bisa mendapatkan 1 pak Clozer yang berisi lembar 5 tisu basah.

Wah, inovatif sekali ya Millens. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan produk Clozer tersebut, kamu hanya perlu melakukan pemesanan daring lewat TokopediaShopee, atau akun Instagram bernama closetclozer.id serta akun Line di @xek3430w. (IB12/E05)