Bisnis-Bisnis yang (Mungkin) Bakal Limbung kalau Skripsi Dihilangkan

Bisnis-Bisnis yang (Mungkin) Bakal Limbung kalau Skripsi Dihilangkan
Bisnis fotokopi. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Kamu mungkin nggak menduga bahwa bisnis-bisnis ini juga bergantung pada skripsi. Wah, apa saja, ya?

Inibaru.id – Skripsi sering dianggap sebagai momok bagi mahasiswa tingkat akhir. Jalan ke mana-mana jadi nggak jenak rasanya kalau tugas akhir itu belum kelar. Duh! Kalau skripsi dihapuskan, kamu termasuk yang sepakat atau menolaknya, Millens?

Apapun jawabanmu, penghapusan skripsi sebagai syarat kelulusan program sarjana memang sempat mencuat pada 2015. Namun, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek) Muhammad Nasir kemudian mengatakan, kebijakan itu dikembalikan pada universitas.

Terlepas dari penting atau tidaknya skripsi bagi kompetensi seorang mahasiswa, skripsi sejatinya telah membuat sejumlah bisnis tetap bertahan bahkan terus berkembang dan meraup keuntungan. Hm, bisnis apa saja, ya?

Usaha Cetak dan Fotokopi

Bisnis fotokopi. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Pembuatan skripsi sangat membutuhkan jasa ini. Sebaliknya, usaha ngeprin dan fotokopi juga dipastikan bakal kelimpungan kalau nggak ada lagi yang membuat skripsi. Hal itu diungkapkan Muhammad Mahfudh, seorang pegawai di tempat ngeprin dan fotokopi Lancar Baru, Semaang.

"Betul, skripsi yang paling banyak," ujarnya. 

Selain ngeprin dan fotokopi, Mahfudh mengatakan, tempatnya bekerja juga menyediakan jasa penjilidan skripsi atau tesis. Jadi, pengaruh kebijakan penghapusan skripsi dipastikan bakal mengganggu kelangsungan usaha tersebut. 

Jasa Burning CD/DVD

Jasa burning CD banyak diperlukan mahasiswa. (pcmag.com)

Jasa burning CD juga banyak ditunjang oleh mahasiswa pejuang skripsi. Memang, sih, banyak tutorial yang tersebar di internet. Namun, tetap saja nggak semua orang bisa melakukannya. Salah-salah, CD yang dibeli malah nggak bisa dipakai lagi.

Nah, sekali membeli dan membakar CD, mahasiswa perlu merogoh kocek hingga belasan ribu rupiah. Wah, padahal tiap mahasiswa harus mengumpulkan lebih dari satu CD ke kampus, ya!

Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan skripsi juga banyak dicari, lo. (picjumbo.com)

Nggak semua mahasiswa bisa mengetik dengan cepat dan tepat, termasuk dalam pengaturan magin, membuat catatan kaki, dan lain-lain. Terus, karena kesibukan lain, banyak mahasiswa yang nggak punya waktu untuk mengetik sendiri. Nah, dalam situasi ini, tukang ketik atau penyedia jasa pengetikan adalah penyelamat mereka.

Jasa-jasa itu memang sama sekali nggak ada kaitannya dengan isi skripsi. Kalau pun pada akhirnya skripsi dihilangkan dari kampus, usaha mereka pun dipastikan bakal tetap bertahan. Namun, nggak bisa dimungkiri kalau mereka bisa menambah penghasilan cukup besar dari tugas pamungkas yang ditakuti hampir semua mahasiswa itu.

Kalau kamu, milih skripsi dihilangkan atau tetap menjadi "ujian akhir" menuju kelulusan, Millens? (Ayu S Irawati/E03)