Limbah Ini Bisa Bikin Sayuran Awet Sampai 3 Minggu

Limbah Ini Bisa Bikin Sayuran Awet Sampai 3 Minggu
Sayur-mayur. (Tribunnews.com)

Remediasi memungkinkan hasil pertanian dapat segar lebih lama.

Inibaru.id – Sayuran segar dan bersih tentu sangat menarik untuk dibeli. Masyarakat juga kini telah memiliki kesadaran untuk memilih produk pertanian yang sehat untuk konsumsi sehari-hari. Berawal dari hal itulah, lahir sebuah teknologi yang bisa membuat hasil pertanian lebih segar dan bersih.

Tenang saja, teknologi ini ramah lingkungan dan ramah kantong. Teknologi tersebut adalah remediasi dengan pemanfaatan limbah pertanian. Menurut Metrosemarang.com (31/7/2018), remediasi adalah kegiatan membersihkan permukaan tanah atau lahan yang tercemar.

Nah, remediasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan limbah, Millens. Limbah yang digunakan adalah biochar atau arang aktif yang dikombinasikan dengan kompos. Teknologi ini telah diterapkan di Kebun Percobaan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, Pati, Jawa Tengah.

Produk pertanian. (Alodokter.com)

Tongkol Jagung dan Kotoran Ternak

Kombinasi bahan yang digunakan untuk teknologi ini adalah tongkol jagung dan pupuk kandang dari kotoran sapi maupun ayam. Bahan-bahan tersebut merupakan kombinasi pembenah tanah yang efektif untuk remediasi tanah sawah tercemar residu insektisida endosulfan.

Teknologi remediasi juga telah dijajal penerapannya pada bayam, selada, sawi, kubis, bunga kol, tomat dan lain-lain, Millens. Kombinasi biochar dan pupuk kandang pun telah dikenalkan pada salah satu kelompok wanita tani perkotaan di Pati. Di sana, mereka nggak menggunakan pestisida kimia, lo.

Hasilnya, bunga kol yang ditanam dengan remediasi awet segar disimpan di kulkas selama tiga minggu. Jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan bunga kol yang ditanam tanpa remediasi, biasanya hanya bertahan sekitar enam hari di kulkas sebelum kusam dan busuk. Wah!

Sayuran. (Jil111)

Hasil tersebut menunjukkan, produk pertanian yang ramah lingkungan, menghasilkan sayuran yang segar, awet, serta sehat dikonsumsi. Gimana Millens? Kalau sayuran bisa awet selama itu jadi nggak perlu kulkas ya? Ha ha (IB06/E05)