Lerak, Buah yang Bisa Jadi Deterjen Alami Ramah Lingkungan
Lerak yang masih berbentuk biji, siap diolah menjadi produk deterjen. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Lerak, Buah yang Bisa Jadi Deterjen Alami Ramah Lingkungan

Dapat mengeluarkan busa dan memiliki zat antikuman, buah lerak dapat diolah menjadi deterjen.

Inibaru.id - Mungkin nggak banyak yang tahu buah bernama lerak dapat menjadi pengganti deterjen. Buah seukuran kelengkeng ini juga disebut soapberries atau soapnuts. Kandungan saponin dalam buah asli Indonesia ini bisa menghasilkan busa layaknya deterjen pencuci pakaian.

Meski buah ini tumbuh subur di Indonesia, belum banyak yang memanfaatkannya. Melihat peluang itu, Seorang warga Semarang Sri Suharti, membuat sabun cuci pakaian berbahan lerak dan melabelinya dengan nama Sari Lerak. 

Berkat ketekunan Cici, panggilan akrab Sri Suharti, dia berhasil memproduksi sari lerak dalam jumlah banyak. Dalam sebulan, usaha rumahannya bisa memproduksi deterjen hingga 5 ribu botol. Saat ini Sari Lerak populer sebagai produk pencuci batik tulis, Millens. FYI, terdapat zat yang dapat menjaga warna tetap stand out dalam buah ini. Wah!

Kesungguhannya dalam mengolah lerak sebagai sabun alami juga nggak lepas dari kiprahnya selama ini sebagai pembatik lo. Sebelum Cici serius menggarap produk sari leraknya, dia memang mengawali bisnisnya dari memproduksi batik tulis.

Ramah Lingkungan

Lerak juga ramah lingkungan. “Lerak itu deterjen alami dan tidak menimbulkan efek bagi lingkungan,” terang Cici pada Inibaru.id. Nggak sekadar mencari untung, Cici juga berkomitmen dalam menjaga lingkungan lo.

Ibu dua anak ini juga berkontribusi dalam organisasi nirlaba Greenpeace Indonesia sejak sepuluh tahun lalu. Nggak heran, dia getol mempromosikan produknya yang ramah lingkungan agar semakin dikenal oleh masyarakat.

Sari lerak buatan Cici yang siap dipasarkan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

“Saya sedang mengedukasi masyarakat bahwa lerak itu dari Indonesia jangan sampai diklaim oleh negara lain,” kata Cici semangat. Dia nampaknya trauma dengan fenomena dikalaimnya produk-produk asli Indonesia oleh negara lain. “Jangan sampai lagi,” tandas Cici.

Kandungan Alami

Meski populer digunakan untuk mencuci batik, tapi lerak juga bisa digunakan untuk mencuci segala jenis pakaian lo, Millens! “Asalkan bukan kain putih atau polos,” kata perempuan 46 tahun ini.

Menurut Cici, lerak sendiri punya zat yang bisa mengikat warna pada pakaian yang berwarna. Selain  itu, kandungan antiseptik di dalam lerak bisa bikin pakaianmu dijamin bebas kuman. Wah!

Sari Lerak buatan Cici ini punya wangi alami. Menggunakan dedaunan dan bunga melati sebagai pewangi alami, aroma deterjen ini nggak kalah harum dengan deterjen produksi pabrikan sana.

Oh ya, kamu bisa mendapatkan Sari Lerak ini di pasar modern atau toko online dengan harga Rp 20 ribu-an saja. Gimana, mau beralih ke produk ramah lingkungan ini? (Zulfa Anisah/E05)