KTP Rusak? Tenang, Ada Jasa Perbaikannya kok

KTP Rusak? Tenang, Ada Jasa Perbaikannya kok
Ilustrasi - KTP rusak bisa diperbaiki. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu malas dengan prosedur mengganti KTP rusak yang membutuhkan waktu, bisa kok datang ke tukang servis KTP. KTP rusak dijamin bakal seperti baru kembali!

Inibaru.id – Kalau kamu sudah cukup umur, tentu diwajibkan untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk alias KTP. Kartu ini adalah semacam penanda identitas yang bisa dipakai untuk mengurus beragai hal, khususnya administrasi atau kependudukan. Masalahnya, terkadang KTP juga bisa rusak.

Sebagai contoh, KTP rusak karena dompet kehujanan atau jatuh ke air. Bisa jadi KTP juga bisa rusak akibat sering tertekuk saat berada di dompet. Mengingat KTP berlaku seumur hidup, kalau sampai rusak tentu akan cukup menyusahkan, bukan?

Tenang, KTP rusak bukan akhir dari segalanya, kok, Millens. Jadi gini, di sejumlah tempat, ternyata sudah ada lho jasa perbaikan KTP. Biaya perbaikan ini juga murah. Menariknya, KTP yang sebelumnya rusak nggak karuan juga bisa diperbaiki hingga seperti layaknya KTP baru.

Hal ini diungkap oleh akun Tiktok @wirocilacap. Dalam video yang viral, terlihat seorang ahli servis KTP melakukan pekerjaannya di sebuah lapak sederhana. Ternyata, sang ahli servis KTP ini ada di samping Danau Sunter, Jakarta. Dari kolom komentar video tersebut, terungkap kalau biaya servis KTP hanyalah Rp 20 ribu.

Selain memperbaikinya di tukang servis KTP, kamu juga bisa mengurus lagi KTP di kantor kecamatan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Selain memperbaikinya di tukang servis KTP, kamu juga bisa mengurus lagi KTP di kantor kecamatan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak warganet yang terbantu dengan hal ini mengingat kalau sampai harus bikin KTP lagi, tentu akan ribet karena perlu menjalankan sejumlah tahapan prosedur yang memakan waktu.

Tapi, kalau di daerah tempat kamu tinggal ternyata nggak ada tukang servis KTP, bisa kok mengurusnya agar bisa mendapatkan KTP yang baru. Kamu tinggal datang ke Kantor Kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten atau Kota (Disdukcapil) sesuai alamat KTP. Pastikan kamu membawa KTP lama yang rusak dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Prosedurnya ternyata bakal mirip dengan membuat KTP yang baru. Kalau KTP ini belum jadi, kamu pun akan diberi semacam surat keterangan khusus yang menandakan kalau proses pembuatan KTP-mu belum selesai.

Kalau soal biaya, jangan takut deh, gratis kok. Jadi, jangan mudah tertipu dengan calo, ya?

Beberapa daerah bahkan sudah memakai sistem daring. Jadi, kamu nggak perlu datang langsung ke kantor Capil. Tinggal unggah scan Kartu Keluarga asli dan foto asli KTP yang rusak. Selanjutnya tinggal tunggu verifikasi dan KTP dicetak.

Gimana Millens, lebih suka ngurus KTP yang rusak atau memperbaikinya saja di tukang servis KTP nih? (Sua/IB09/E05)