Kreskros Ubah Plastik Bekas Jadi Tas Cantik Berkelas

Kalau biasanya plastik bekas dimanfaatkan sebagai tas dengan desain standar, kini tas plastk itu punya desain yang modis abis. Kreskros menerapkan konsep ini dalam setiap produknya.

Kreskros Ubah Plastik Bekas Jadi Tas Cantik Berkelas
Sejumlah produk tas besutan Kreskros. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Suatu waktu, saya mengikuti salah satu forum diskusi yang membahas tentang “less waste” di salah satu kedai kopi di Semarang. Sembari menunggu yang lain berkumpul, saya berlagak seperti biasa hingga akhirnya salah seorang teman datang dengan menggendong tas ransel.

Sekali melihat, saya langsung tertarik denga tas rajut yang dominan berwarna hitam dengan aksen abu-abu itu. Meski tertarik, saya nggak langsung bertanya tentang asal-usul tas itu sampai saat diskusi, salah seorang teman yang lain nyeletuk, “Eh, itu tas yang dari plastik bekas buatan Kreskros, kan?”

Sontak saya terbelalak dan kaget. Tas ransel rajut yang terlihat mahal itu dari plastik bekas? “Ah bercanda deh, tas plastik bekas kan biasanya masih ada tulisannya dan bentuknya seperti keranjang belanja,” pikirku.

Namun, celetukan salah seorang teman itu nggak henti membuat saya penasaran. Tingkat penasaran saya bertambah tatkala seorang narasumber membahas tentang tas dari plastik bekas dengan merek yang sama. Alhasil, saya melakukan penelusuran dan ketemulah satu nama, Kreskos.

Setelah menemukan alamat kantornya, saya pun langsung menuju ke Ambarawa, tempat usaha ini berdiri. Di sana, saya dijamu pendiri Kreskros Deasy Esterina.

Salah satu produk tas Kreskros yang tampilannya modis, menggabungkan antara rajutan dan plastik bekas. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Berawal dari proyek “gabut” Deasy setelah lulus kuliah, Kreskros lahir. Waktu itu, Deasy masih berpikir Kreskros hanya menjadi penyalur hobi merajut yang dimilikinya. Biar nggak terlihat biasa, Deasy langsung mengawinkan rajutan itu dengan plastik bekas yang dengan mudah dia temukan menjadi beragam varian tas.

Tas hasil perkawinan antara rajutan dan plastik bekas ini rupanya mendapat respons bagus dari banyak orang. Deasy pun mulai berpikir untuk serius menjadikan hobinya ini menjadi pekerjaan utamanya.

“Sekitar 1,5 tahun kemudian aku vakum bikin bussines plan-nya, logonya, sama misi ke depan. Terus pas masa ini aku ngrasa kalau aku jual limbah plastik ditambahin story itu kok bagus. Ya sudah dari situ aku baca-baca, aku riset terus dan ternyata urgent ya (limbah plastik), memang segenting ini. Baru deh Oktober 2016 Kreskros reborn,” ujar perempuan 28 tahun ini.

Plastik yang ukurannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan proses rajut di Kreskros. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Saat ini, produk Kreskros yang sudah dipasarkan yakni backpack, sling back, purse, totebag, dan waist bag. Sejumlah produk ada yang menggabungkan rajutan dan plastik bekas, ada juga yang hanya plastik bekas tapi sudah diolah sedemikian rupa sehingga nggak terlihat bekas.

Produk-produk tersebut dijual mulai seharga Rp 150 ribu hingga Rp 1,95 juta. Meski harganya cukup membuat kantong kosong, desain produk-produk Kreskros ini patut diacungi jempol. Semua produknya tampak berkelas dan nggak pasaran karena semuanya handcrafting.

“Kenapa sebernernya harga Kreskros tinggi itu bukan karena tak tinggi-tinggikan karena aku pengin cepet kaya, bukan. Tapi karena aku ngitungnya per senti, lama pembuatan rajutannya, per berapa ukuran tasnya itu dikerjakan berapa menit, berapa hari,” kata lulusan Arsitektur Interior Universitas Ciputra Surabaya itu.

Proses merajut benang dan plastik dilakukan secara manual. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Berkat keunikannya, Kreskros juga menyabet beberapa penghargaan. Salah satunya yakni penghargaan spesial kategori Waste and Material Productivity dalam Sustainable Bussiness Awards 2018.

Produk Kreskros kini baru dipasarkan di dalam negeri secara online. Namun, ada pula beberapa pesanan khusus dari luar negeri seperti Singapura.

Oh iya, meski terbuat dari bahan plastik, tas-tas Kreskros ini cukup kuat, lo. Untuk model tas punggung, produk Kreskros bisa membawa beban hingga 7 kilogram. Selain itu, produk ini cukup awet. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Deasy, produk itu bisa bertahan hingga lima tahun dan kemungkinan lebih.

Bila sobat Millens tertarik untuk membeli produk-produk Kreskros, langsung saja kunjungi situs www.kreskros.com, ya. (Ida Fitriyah/E05)