Kreasi Dompet Unik dari Tutup Bekas Galon

Kendati biasanya terbuang begitu saja, tutup bekas galon ternyata bisa disulap menjadi dompet unik yang bernilai jual. Wah, seperti apa ya cara membuatnya?

Kreasi Dompet Unik dari Tutup Bekas Galon
Kerajinan dari tutup bekas galon. (Radarsemarang.com)

Inibaru.id – Kamu sering mengonsumsi air mineral dalam galon, Millens? Banyak orang Indonesia yang memilih air kemasan dibanding air lainnya. Beritagar.id (22/3/2018) menulis, berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional, pada 12 tahun terakhir konsumsi air kemasan dalam rumah tangga meningkat menjadi 42,8 persen. Padahal, pada 2005 jumlahnya hanya 4,1 persen.

Nah, kalau kamu termasuk salah seorang konsumen tersebut, jangan buru-buru buang tutup galon yang kamu beli, ya! Tutup bekas galon bisa dijadikan kerajinan tangan yang menarik, lo. Kreasi serupa dilakukan oleh Ninik Suryani, perempuan asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Baca juga:
Keasyikan Berburu Makanan Tradisional di Minggon Jatinan
Pesona Payung Lukis dari Ngudi Rahayu Klaten

Warga Ngerjopuro, Desa Slogohimo, Kecamatan Slogohimo ini memanfaatkan tutup bekas galon menjadi menjadi dompet yang bernilai jual. Bahan pembuatannya mudah didapat, lo. Ninik hanya membutuhkan dua bekas tutup galon, kain perca, kain flanel, ritsleting, dan lem.

Pertama, permukaan tutup galon diberi lem dan diberi lapisan kain kasa. Lalu, kain kasa dibalut dengan kain perca. Setelah terbentuk dengan rapi, dua tutup galon tersebut disatukan menggunakan resleting. Jadi deh dompet kecil nan lucu! Agar lebih menarik, dompet bisa ditambah hiasan dan aksesori lainnya, termasuk dari kain flanel.

Biasanya, Ninik menjual dompet-dompet karyanya di tempat arisan ibu rumah tangga dan pasar tradisional. Dompet unik ini bisa menjadi pilihan suvenir pernikahan. Harganya? Murah! Untuk membawa pulang sebuah dompet, kamu hanya perlu membayar Rp10 ribu.

Baca juga:
Keranjang Bambu Batik Unik di Cilacap Menembus Pasar Internasional
Menyulap Cangkang Kerang Jadi Hiasan Eksotis

Berkreasi secara otodidak boleh jadi membuat Ninik kesulitan dalam prosesnya. Mengutip jawapos.com (14/2/2018), dia mengolah sampah dan mencari bahan-bahan pendukung seorang diri. Namun, perempuan kelahiran 1976 ini nggak lantas berdiam diri. Ninik mencari ide desain dan bentuk dompet melalui internet. Dari hasil pencariannya, Ninik lantas memodifikasinya menjadi inovasi baru sesuai selera pasar. Selain itu, Ninik juga belajar dari rekan-rekannya.

Hasilnya, kini Ninik juga mulai menyulap tutup galon menjadi bros. Bros ini bisa kamu sematkan pada pakaian atau hiasan pada media lainnya.

Nah, sampah berupa tutup bekas galon pun bisa jadi karya yang bermanfaat, kan? Ide ini bisa kita jadikan inspirasi nih, Millens. (IB08/E02)