BerandaPasar Kreatif
Senin, 5 Des 2022 21:46

Konsisten Jadi Kunci Menabung dengan Metode Kekeibo

Konsisten Jadi Kunci Menabung dengan Metode Kekeibo

Menabung membutuhkan tekad dan kebiasaan agar uang berhasil terkumpul. (Pixabay/QuinceCreative)

Jangan sepelekan orang-orang yang gemar menyimpan struk belanjaan. Siapa tahu dia sedang menabung menggunakan metode kekeibo.

Inibaru.id - Sejak kecil kita sudah sangat tahu apa artinya menabung. Kita juga diajarkan bahwa siapa yang rajin menabung masa depannya bakal beruntung. Sayangnya, untuk sebagian orang menabung bukan sesuatu yang mudah.

Salah satu tantangan saat mau menabung adalah godaan untuk terus berbelanja. Apalagi sekarang cara berbelanja dan membayar juga sangat mudah dan cepat. Jika terus-menerus mengikuti hasrat konsumtif itu bisa-bisa kegiatan menabung nggak akan pernah terealisasi ya, Millens?

Untuk kamu yang merasa mempunyai kesulitan dalam menyisihkan uang, ada baiknya mengetahui bagaimana cara masyarakat Jepang menabung.

Metode menabung ala Jepang ini dinamakan Kekeibo. Secara harfiah, “kekeibo” berarti buku rekening untuk ekonomi rumah tangga. Kekeibo adalah kegiatan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun. Hal ini bertujuan agar kita menyadari semua pengeluaran. Itulah kenapa dalam metode ini kita diharuskan untuk menyimpan semua struk belanja sehingga nggak lupa dan tetap bisa melacak pengeluaran.

Mengelompokkan Jadi Empat Kategori

Catatan pemasukan dan pengeluaran adalah hal penting dalam metode kekeibo. (Kumparan)
Catatan pemasukan dan pengeluaran adalah hal penting dalam metode kekeibo. (Kumparan)

Metode menabung yang sudah dikenal sejak 1904 ini dinilai efektif karena kita bisa mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat sumber pemasukan tepat di awal kamu menerima gaji. Setelah itu catat juga semua jenis pengeluaran yang pasti ada tiap bulan.

Orang Jepang membagi pengeluaran mereka ke dalam empat kategori. Pertama, pengeluaran primer atau wajib mulai dari biaya sekolah, kesehatan dan biaya pokok lainnya. Kedua, kebutuhan operasional seperti belanja harian dan makan di luar bersama teman. Ketiga, biaya hiburan seperti internet dan langganan musik atau film. Keempat, keperluan darurat.

Mencatat semua kategori tersebut bertujuan agar kamu bisa melihat berapa uang yang sudah dihabiskan dan bisa ditabung. Catatan itu juga berguna untuk memotivasimu mencapai sesuatu yang sudah lama ingin kamu capai, lo.

Setelah mengantongi catatan rencana pengeluaran, baru kamu bisa menulis detail semua pengeluaran untuk pembayaran yang dilakukan setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi mingguan. Catatan mingguan bisa memberikan gambaran mengenai karaktermu dalam menghabiskan uang

Menabung Butuh Komitmen

Menabung walau sedikit asal sabar dan konsisten akan berubah menjadi sesuatu yang besar tanpa kamu sadari. (Pixabay/PublicDomainPicture)
Menabung walau sedikit asal sabar dan konsisten akan berubah menjadi sesuatu yang besar tanpa kamu sadari. (Pixabay/PublicDomainPicture)

Begitulah kira-kira cara menabung dengan metode kekeibo. Metode ini membantumu untuk disiplin menyisihkan uang. Nggak peduli sebesar atau sekecil apa gajimu, menabung adalah tentang komitmen dan konsistensi.

Di tengah gempuran diskon dan cashback yang menggiurkan, menabung memang jadi suatu hal yang nggak mudah. Salah satu cara agar bisa konsisten menabung yaitu dengan menentukan tujuan awal menabung. Tujuan jelas memberi motivasi untuk mengelola keuangan secara efektif. Jadi, jangan kalah dengan promo-promo ya, Millens! (Lif/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved